Vlog sebagai Media dalam Mengajar Berbicara Teks Deskriptif untuk SMP
VLOGGING AS A MEDIA IN TEACHING SPEAKING DESCRIPTIVE TEXT
FOR JUNIOR HIGH
ABSTRAK
Teknologi dan sosial media adalah sebuah kombinasi yang bagus mengenai proses pembelajaran Bahasa Inggris semenjak mereka mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah berdasarkan fenomena 36 siswa Salah satu SMP di Sidoarjo, Jawa Timur, tahun ajaran 2019/2020 dalam kemampuan berbicara yang harus ditingkatkan. Beberapa dari mereka tidak tahu bagaimana menyampaikan pemikiran mereka dengan benar. Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui kegunaan dari video blogging untuk berbicara tentang Teks Deskripsi di tingkat SMP, (b) untuk mengetahui performa murid dalam penggunaan vlog sebagai media pembelajaran ketika berbicara tentang Teks Deskripsi, (c) untuk mengetahui respon dari guru dalam penggunaan vlog sebagai media pembelajaran ketika berbicara tentang Teks Deskripsi. Penelitian ini mengimplementasikan qualitatif dan Desain Penelitian Deskriptif. Wawancara dan Vlog Peserta Didik merupakan instrumen yang diaplikasikan di Penelitian ini. Peneliti menganalisis data menggunakan 3 cara, yaitu mengumpulkan data, mengkode data, dan membandingkan data. Di setiap langkah, peneliti membutuhkan partisipasi dari murid dan guru untuk melengkapi data. Peneliti menemukan bahwa aktivitas vlog dapat berpengaruh positif dalam mengajar Teks Deskriptif, khususnya dalam Kemampuan Berbicara. Dengan mendukung dalam penggunaan Vlog dengan berbagai tahapan Video Blogging dan penilaian refleksi sebagai umpan balik, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbibacara dalam Bahasa Inggris. Murid – murid sangat menikmati penggunaan vlog sebagai Media baru di dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya di kegiatan berbicara Bahasa Inggris.
Kata Kunci: Teknologi, Sosial media, Vlog, Kemampuan berbicara siswa, Teks Deskripsi
ABSTRACT
Technology and social media are an excellent addition to the English learning process since they provide opportunities for students to develop their English speaking abilities. A vlog is one of the many mediums that may be utilized to help. The background of this study is since in the academic year 2019/2020, 36 students from one of the Public Junior High Schools in Sidoarjo, who need to strengthen their speaking skills. Some of them didn't know how to properly present their views. This study aims to describe: (a) the use of vlogging as a learning medium for Junior High students in speaking Descriptive Text, (b) the performance of students who use vlog as a learning medium in speaking Descriptive Text, and (c) the students' reactions to using vlog as a learning medium in speaking Descriptive Text. This research is implemented a qualitative and Case studies research Design. Interview and Students’ vlog were the instruments that were applied in this research. The researcher analyzed the data using 3 steps, they are assembling the data, coding the data, and comparing the data. In each step, the researcher needs Students’ and teachers’ participation to complete the data. The researcher found that Vlogging can be positively used in teaching Descriptive Text, especially in speaking skill. The implementation of Vlog strongly affects them. It is hoped that boosting Vlog with smart vlogging stages and a thorough scoring reflection as feedback would enhance students' English speaking abilities. The students are very enjoyed the use of Vlog as the new medium in their Teaching – Learning activities, especially in English Speaking activity.
Keywords: technology, social media, vlog, students’ speaking skill, descriptive text.