Istilah imersi diambil dari bahasa Inggris to immerse yang berarti mencelupkan, menyerap atau melibatkan secara mendalam. Dalam pembelajaran bahasa asing muncullah kelas imersi, yang artinya adalah pembelajaran satu atau beberapa mata pelajaran dengan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar., Munculnya kurikulum bilingual menimbulkan berbagai motivasi dari lembaga-lembaga pendidikan untuk mengimplementasikannya pada suatu program bertaraf internasional. Program kelas imersi adalah model pembelajaran sebagai model unggulan yang digulirkan oleh Departemen Pendidikan Nasional sejak tahun 2004,Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan kurikulum bilingual di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. (2) latarbelakang implementasi kurikulum bilingual di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. (3) perkembangan yang terjadi dari implentasi kurikulum bilingual di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. (4) Kondisi tenaga pengajar di SMA muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini bertujuan agar kurikulum bilingual menimbulkan berbagai motivasi dari lembaga-lembaga pendidikan untuk mengimplementasikannya pada suatu program bertaraf internasional. Program kelas imersi adalah model pembelajaran sebagai model unggulan yang digulirkan Model pembelajaran yang diberi nama Kelas imersi merupakan tren terbaru yang diharapkan mampu mengantar para siswa dan guru serta warga sekolah lain di dalam menghadapi persaingan di era global khususnya persaingan penggunaan bahasa asing dalam kegiatan seharihari baik professional Maupun pergaulan. Program kelas emersi belum dilaksakan diseluruh Indonesia. Di provinsi Jawa sendiri baru ada 6 Sekolah Menengah Atas dan ada 6 Sekolah Menengah Pertama yang ditunjuk sebagai pilot proyek penyelenggara “ The English immersion Class Program”.
Kata Kunci::” implentasi kurikulum bilingual pada program kelas imersi"
The term immersion is taken from English to immersion which means to dip, absorb or involve deeply. In learning foreign languages, the immersion class emerged, which means learning one or several subjects using foreign languages as the language of instruction. The emergence of a bilingual curriculum raises various motivations from educational institutions to implement it in an international standard program. The immersion class program is a learning model as a superior model that was rolled out by the Ministry of National Education since 2004,The purpose of this study was to find out: (1) the application of a bilingual curriculum at Muhammadiyah 2 High School Surabaya. (2) background of the implementation of the bilingual curriculum at Muhammadiyah 2 High School Surabaya. (3) developments that occur from the implementation of a bilingual curriculum at Muhammadiyah 2 High School Surabaya. (4) Condition of teaching staff at Muhammadiyah 2 High School Surabaya. This study uses a qualitative approach. This study aims to make the bilingual curriculum create various motivations from educational institutions to implement itin an international standard program. The immersion class program is a learning model as a superior model that is rolled out The learning model that is named the immersion class is the latest trend that is expected to be able to bring students and teachers as well as residents of other schoolsin the face of competition in the global era, especially competition for foreign language use in dailyactivities both professional and social. The emersion class program has not been conducted throughout Indonesia. In Java province alone there are only 6 senior high schools and 6 junior high schools designated as pilot projects for the "The English immersion class program”
Keywords: The English immersion class program