Perancangan Brand Identity Serbuk Bawang Dayak Bunic
Brand Identity of Dayak Bunic Onion Powder
Serbuk Bawang Dayak Bunic merupakan sebuah produk olahan rumahan atau home industry yang berasal dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Barat. Bawang Dayak sendiri merupakan tanaman obat khas Kalimantan yang penggunaannya sudah turun temurun dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Namun, produk ini belum memiliki identitas visual sehingga produk Serbuk Bawang Dayak Bunic tidak banyak dikenal masyarakat. Oleh karena itu perancangan brand identity Serbuk Bawang Dayak Bunic bertujuan untuk memudahkan konsumen mengenal produk Serbuk Bawang Dayak Bunic sehingga dapat meningkatkan brand awareness di masyarakat. Dalam perancangan ini menggunakan metode analisis data STP dan SWOT yang berfungsi untuk mengevaluasi dan memilih pasar. Perancangan ini menghasilkan desain logo, desain label kemasan pouch dan Graphic Standard Manual (GSM) yang berisi tentang pedoman pengaplikasian sebuah brand dan desain. Hasil perancangan desain logo dan desain label kemasan Serbuk Bawang Dayak Bunic diharapkan mampu meningkatkan daya jual produk.
Kata Kunci: Serbuk Bawang Dayak Bunic, brand identity, logo, Graphic Standard Manual (GSM).
Dayak Bunic Onion Powder is a home-based processed product or home industry originating from Pangkalan Bun, West Kotawaringin, West Kalimantan. Dayak Onion itself is a typical medicinal plant in Kalimantan which has been used for generations is believed to treat various types of diseases. However, this product does not yet have a visual identity so that the Dayak Bunic Onion Powder product is not widely known by the public. Therefore, the design of Dayak Bunic Powder Onion brand identity aims to make it easier for consumers to know the Dayak Bunic Onion Powder product so that it can increase brand awareness in the community. In this design using STP and SWOT data analysis methods that function to evaluate and select markets. This design produces a logo design, pouch packaging label design and Graphic Standard Manual (GSM) which contains guidelines for the application of a brand and design. The results of the design of the logo design and Dayak Bunic Onion Powder packaging label design are expected to be able to increase the product's selling power.
Keywords: Dayak Bunic Onion Powder, brand identity, logo, Graphic Standard Manual (GSM).