Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Peneliti melakukan penelitian
di SD Islam Al-Chusnaini Kelopo Sepuluh Sidoarjo. Pada kegiatan observasi,
peneliti melihat, masih terjadi kegiatan belajar yang kurang produktif
diantaranya, performa guru dalam mengajar yang kurang efektif, semangat siswa
dalam mengikuti aktivitas belajar masih kurang, suasan kelas dalam menunjang
pembelajaran yang kurang mendukung.
Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pada melaksanakan
pengamatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada
penerapan model pembelajaran NHT. Pada siklus 1, didapatkan hasil perhitungan
rumus secara klasikal persentase aktivitas guru sebesar 84,2%, persentase aktivitas siswa sebesar 68,16%, persentase
ketuntasan hasil belajar sebesar 53,8%. Pada penelitian siklus 2, didapatkan
hasil perhitungan rumus secara klasikal persentase aktivitas guru sebesar 88,8%,
persentase aktivitas siswa sebesar 95,8%,
persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered
Head Together(NHT), Gagasan Pokok