PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PJOK
Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang biasanya dilaksanakan di lapangan tetapi pada masa pandemi ini dilaksanakan secara hybrid sehingga pembelajaran dilaksanakan hanya di kelas dengan teori. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar dari penggunaan media video animasi terhadap motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Metode yang digunakan yaitu metode quasi experiment dengan desain penelitian non-randomized control group pretest-posttest. Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VII-C dan VII-D SMP Negeri 20 Surabaya yang berjumlah 51 siswa. Pemilihan sampel penelitian ini diambil dengan teknik Probability sampling menggunakan cluster random sampling. Proses pengambilan data dilakukan 2x tatap maya dengan cara pada pertemuan pertama peneliti hanya memberikan angket tanpa adanya perlakuan,pada pertemuan kedua peneliti memberikan perlakuan berupa media video animasi dan memberikan angket melalui google form yang dibagikan kepada sampel dan indikator angket terdiri dari attention, relevation, confidence, satisfaction. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik wilcoxon dan uji sample paired t-test untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap variabel yang digunakan. Hasil uji non parametrik kelas kontrol memiliki nilai Sig. (2.tailed) <0,05 yaitu 0,00 dan kelas eksperimen nilai Sig.(2.tailed) <0,05 yaitu 0,13. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media video animasi terhadap motivasi dalam pembelajaran PJOK..
Kata Kunci: media video animasi, motivasi, siswa, pendidikan jasmani
Physical education, sports and health learning are usually carried out in the field but during this pandemic it is carried out in a hybrid manner so that learning is carried out only in class with theory. Therefore, this study aims to determine the effect and how much of the use of animated video media on motivation to participate in learning physical education, sports and health. The method used is a quasi-experimental method with a non-randomized control group pretest-posttest research design. The sample of this research is the students of class VII-C and VII-D SMP Negeri 20 Surabaya, totaling 51 students. The sample of this research was taken by using probability sampling technique using cluster random sampling. The data collection process was carried out 2x face-to-face with the way at the first meeting the researchers only gave a questionnaire without any treatment, at the second meeting the researchers gave treatment in the form of animated video media and gave a questionnaire via google form which was distributed to the sample and the questionnaire indicators consisted of attention, relevance, confidence. , satisfaction . The data analysis technique used the Wilcoxon non-parametric test and the sample paired t-test to determine the effect on the variables used. The non-parametric test results for the control class have a Sig value. (2.tailed) <0.05, i.e. 0.00 and the experimental class Sig. (2.tailed) <0.05, i.e. 0.13. From the results of data processing, it can be concluded that there is a significant influence in the use of animated video media on motivation in PJOK learning..
Keywords: animated video media, motivation, students, physical education