Self Esteem Siswa Korban Bullying, Pelaku Bullying
Self Esteem of Students Victims of Bullying, Bullying Perpetrators
Setiap individu pasti memiliki self esteem pada dirinya karena hal ini berkaitan dengan membentuk identitas diri dan memiliki kaitan erat dengan dunia remaja dalam menilai atau mengevaluasi diri. Korban maupun pelaku bullying akan memiliki tingkat self esteem yang berbeda-beda, karena setiap individu memiliki penilaian diri yang berbeda. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan tingkat self esteem siswa korban bullying dan pelaku bullying kelas XI MA Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan kuisioner psikologis self esteem yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Dalam uji validitas didapatkan hasil 40 item dinyatakan valid dan terdapat 8 item dinyatakan tidak valid.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, sehingga siswa yang dipilih sesuai kriteria dalam penelitian ini adalah 6 siswa korban bullying dan 4 siswa pelaku bullying. Teknik analsis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan tingkat self esteem siswa korban bullying dengan pelaku bullying.
Kata kunci : Korban Bullying, Pelaku Bullying, Self-Esteem
Every individual must have self-esteem in himself because this is related to forming self-identity and has a close relationship with the world of adolescents in assessing or evaluating themselves. Victims and perpetrators of bullying will have different levels of self-esteem because each individual has a different self-assessment. Therefore the purpose of this study was to examine the differences in the level of self-esteem of students who were victims of bullying and those who bullied class XI MA Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. The method used in this research is descriptive comparative research with a quantitative approach. The subjects of this study were students of class XI MA Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Data collection techniques were carried out by researchers using psychological self-esteem questionnaires that have been tested for validity and reliability. In the validity test, the results obtained were 40 items declared valid and 8 items declared invalid. The sampling technique was purposive sampling, so the students selected according to the criteria in this study were 6 students who were victims of bullying and 4 students who were perpetrators of bullying. The data analysis technique used in this study is the Mann-Whitney test. The results of this study indicate the value of Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.01 <0.05. Then it can be stated that Ho is rejected and Ha is accepted. Thus it can be said that there are differences in the level of self-esteem of students who are victims of bullying and those who do it.
Keywords: Victims of bullying, perpetrators of bullying, self-esteem