ABSTRAK
PENGARUH METODE
THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS
TEKS NEGOSIASI PESERTA DIDIK KELAS X DESAIN PEMODELAN INFORMASI DAN BANGUNAN
SMK NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO
Nama :
FikraArdianusLette
NIM :
15020074138
Program Studi : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra.TrinilTuristiani, M. Pd..
Tahun :
2019
Kata Kunci :Pengaruh Metode TPS, Media Roda, Kemampuan
Menulis Teks Negosiasi.
Pembelajaran
bahasa Indonesia kelas X SMK dalam kurikulum 2013 revisi terbaru merupakan
pembelajaran yang tidak terlepas dari menulis. Seperti halnya dalam kompetensi
dasar Teks Negosiasi. Penerapan kegiatan Negosiasi ini tidak hanya berbentuk
lisan tetapi juga berbentuk tulisan yaitu berupa teks negosiasi yang memudahkan
seseorang dalam berinteraksi. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam
hal tersebut, perlu adanya metode serta media yang tepat. Metode serta media
tersebut adalah metode Think Pair Share
(TPS) berbantuan media Roda keberuntungan.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media Roda Pintar terhadap kemampuan
menulis teks negosiasi peserta didik kelas X desain pemodelan informasi dan
bangunan SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental
Design dengan model pretes-posttets group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X
DPIB 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X DPIB 3 sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
tes dan angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan
metode Think
Pair Share (TPS) berbantuan media Roda Pintar terhadap
kemampuan menulis teks negosiasi berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan aktivitas pendidik kelas kontrol memerolehnilai 66% dan
aktivitas peserta didik memerolehnilai 63%, sedangkan aktivitas pendidik kelas
eksperimen memeroleh nilai 81% dan
aktivitas peserta didik memerolehnilai 90%. Hasil belajar peserta didik
menggunakan metode Think Pair Share (TPS)
berbantuan media Roda Pintar mengalami kenaikan yang signifikan
dibandingkan dengan metode konvensional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan
kenaikan rata-rata nilai kelas eksperimen dari 37% ke 90% dengan selisih 53%
lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode
konvensional dengan kenaikan rata-rata nilai 64% ke 80% dengan selisih 16%.
Selain itu, hasil hitung t menunjukan bahwa thitung lebih besar dari
ttabel yaitu (6,21 ≥ 2,26), dengan demikian hipotesis kerja diterima.
Selajutnya hasil respon peserta didik yang baik terhadap penggunaan metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media Roda
Pintar saat pembelajaran menulis teks negosiasi. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan presentasi peserta didik yang menjawab “Ya” sebanyak 97,17% dan yang
menjawab “Tidak” sebanyak 2,82%.