Narrative Construction In Gunawan Tri Atmodjo's Collection Of Short Stories Dongeng Bahagia dari Sebelah Telinga: Narratology Of Gérard Genette
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urutan narasi dan alur cerita, panjang waktu cerita dan penceritaan, repetisi antar narasi, letak dan fungsi narator, persona dan narator sebenarnya pada kumpulan cerpen Dongeng Bahagia dari Sebelah Telinga karya Gunawan Tri Atmodjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data yang digunakan ialah kumpulan cerpen Dongeng Bahagia dari Sebelah Telinga karya Gunawan Tri Atmodjo yang diterbitkan oleh DIVA Press pada Januari 2019, 192 halaman dan dianalisis menggunakan teori naratologi Gérard Genette. Data diperoleh dengan menggunakan teknik simak-catat. Adapun teknik penganalisisan data dengan membaca kritis, hermeneutika, dan kreatif. Hasil penelitian ini adalah, (a) kumpulan cerpen ini memiliki 9 cerpen beralur maju dan 8 cerpen beralur maju mundur, (b) durasi naratif yang ditemukan dalam kumpulan cerpen ini, antara lain, memiliki 6 jeda naratif, 5 scene, 23 summary, 68 eksplisit ellipsis, 0 hypothetical ellipsis, dan 6 implisit ellipsis, (c) frekuensi naratif yang ditemukan pada kumpulan cerpen ini ialah menggunakan naratif tunggal (singulative narrative), namun terdapat beberapa pengulangan cerita yang ditemukan, yaitu, 1 multiple singulary, 2 repeating narrative, dan 27 iterative narrative, (d) dari ketujuh belas cerpen yang ada dalam kumpulan cerpen, rata-rata menggunakan lebih dari satu pandang yang terdiri dari, sudut pandang orang ketika maha tahu dan pengamat, sudut pandang orang pertama pelaku utama dan pelaku sampingan, (e) melalui sudut pandang tersebut, dapat diketahui bahwa ketika narator menggunakan sudut pandang ketiga, maka letak narator berada di luar cerita, heterodiegetic, sedangkan apabila narator menggunakan sudut pandang orang pertama maka narator berada di dalam cerita, homodiegetic.
Kata kunci: teks naratif, struktur naratif, naratologi Gérard Genette.
This research is aimed to describe the sequence of narratives and story line, the length of the story and narration, narrative repetition, the location and function of the narrator, persona and the actual narrator in anthology of short stories Dongeng Bahagia dari Sebelah Telinga by Gunawan Tri Atmodjo. This research is a qualitative research using a pragmatic approach. The data source used is a collection of short stories Dongeng Bahagia dari Sebelah Telinga by Gunawan Tri Atmodjo published by DIVA Press in January 2019 and consists of 192 pages and analyzed using Gérard Genette’s narratology theory. Data obtained using the note-taking technique. The data analysis techniques are critical reading, hermeneutics, and creative. The result of this analysis are, (a) this collection of short stories has 9 short stories forward and 8 short stories back and fort, (b) the narrative duration found in this short stories collection, among others, has 6 narrative breaks (pause), 5 scenes, 23 summaries, 68 explicit ellipsis, 0 hypothetical ellipsis, and 6 implicit ellipsis, (c) the narrative frequency found in this short stories collection is to use a single narrative (singulative narrative), but there are several repeats of the story found, namely, 1 multiple singulary, 2 repeating narrative, and 27 iterative narratives, (d) of the seventeen short stories in the collection of short stories, on average use more than one perspective consisting of, the point of view of people when they are omniscient and observers, the point of view of first person main actors and side actors, (e) through that point of view, it can be seen that when the narrator uses the third point of view, the narrator’s location is outside the story, heterodiegetic. Whereas if the narrator uses the first person perspective then the narrator is inside the story, homodiegetic.
Keywords: narrative text, narrative structure, narratology of Gérard Genette.