Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui kelayakan laboratorium virtual yang dikembangkan. Kelayakan laboratorium virtual dilihat berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian model 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, Penyebaran), namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai pada pengembangan. Objek penelitian ini adalah 12 peserta didik SMA Negeri 1 Krian. Uji coba terbatas dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest. Hasil yang didapatkan selama penelitian berlangsung adalah sebagai berikut: 1) Validitas isi dari laboratorium virtual memperoleh persentase skor penilaian sebesar 81,25% atau dalam kategori sangat valid dan validitas konstruk dari laboratorium virtual memperoleh persentase skor penilaian sebesar 85,11% atau dalam kategori sangat valid; 2) Sebesar 100% peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar pada kategori sedang dan tinggi serta sebesar 91,67% peserta didik memperoleh hasil belajar yang dinyatakan tuntas secara individu; dan 3) Kesesuaian aktivitas peserta didik dengan aktivitas yang diharapkan muncul memperoleh persentase skor sebesar 86,3% atau dalam kategori sangat praktis dan respon peserta didik terhadap laboratorium virtual memperoleh persentase skor sebesar 94%.; Dari hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada sub materi kimia unsur aluminium.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Laboratorium Virtual, Kelayakan, Aluminium
This study was conducted with the aim of knowing the feasibility of a virtual laboratory that was developed. The feasibility of a virtual laboratory is seen based on validity criteria, practicality, and effectiveness. The type of research used is the 4P model research (Define, Design, Develop, and Disseminate), but in this study limited only to the Develop. The object of this research is 12 students of Krian 1 Senior High School. Limited study were carried out using the research design of one group pretest posttest. The results obtained during the study took place as follows: 1) The content validity of the virtual laboratory obtained an assessment score percentage of 81.25% or in a very valid category and construct validity from the virtual laboratory obtained an assessment score percentage of 85.11% or in the very category valid; 2) a total of 100% students experience an increase in learning outcomes in the medium and high categories and 91.67% of students obtain learning outcomes that are stated to be completed individually; and 3) The suitability of the activities of students with activities that are expected to emerge obtained a score percentage of 86.3% or in the very practical category and the response of students to virtual laboratories obtained a score percentage of 94%; From the results obtained, it can be concluded that the virtual laboratory that was developed was declared feasible to be used as a learning medium in sub-elements of aluminum element chemistry.
Keywords: learning media, virtual laboratories, feasibility, aluminium.