Konstruksi Sosial Shopper Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Akun TikTok Natasha Surya Sebagai Refrensi
Shopper's Social Construction of Purchasing Decisions with Natasha Surya's TikTok Account as a Reference
Saat ini, sosial media TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sedang tenar saat ini, yang menjadikan sosial media banyak digandrungi oleh masyarakat. Sosial media TikTok kemudian banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk memperkenalkan dan melindungi eksistensinya. Salah satu individu atau content creator yang menerapkan strategi pemasaran menggunakan sosial media sendiri adalah Natasha Surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial para shopper sebagai konsumen yang melakukan pembelian secara online setelah melihat review dari konten TikTok @natasha.surya. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman yang berlangsung dalam tiga tahap yaitu eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh dari penjelasan yang informatif sehingga memunculkan variety seeking behavior pada shopper. Adanya kemudahan dalam mencari produk yang diinginkan karena informasi yang detail serta visual konten yang ditampilkan. Hingga akhirnya menimbulkan perilaku impulsif pada shopper.
Currently, social media TikTok is one of the most popular applications today, which makes social media much loved by the public. Social media TikTok is then widely used by business actors to introduce and protect its existence. One of the individuals or content creators who implement marketing strategies using their own social media is Natasha Surya. This study aims to find out how the social construction of shoppers as consumers who make purchases online after seeing a review of the TikTok content @natasha.surya. This study uses the theory of Social Construction from Peter L. Berger and Thomas Luckman which takes place in three stages, namely externalization, objectivation, and internalization. This study uses a qualitative research method with a phenomenological approach. Collecting data through observation, interviews, and documentation. The results of this study are the influence of informative explanations that give rise to variety seeking behavior in shoppers. There is ease in finding the desired product because of the detailed information and visual content displayed. Until finally causing impulsive behavior in the shopper.