Perilaku terlambat merupakan suatu tindakan yang menyimpang dengan datang ke sekolah melewati batas waktu yang di tentukan oleh pihak sekolah dan disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kurangnya tanggung jawab pada diri siswa Keterlambatan memang bukan termasuk pelanggaran yang berat namun jika tidak segera diatasi dan ditindak lanjuti akan berdampak negatif bagi perkembangan dan prestasi belajar siswa Kondisi seperti ini terjadi pada siswa di SMA Negeri satu Gresik Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi
Tujuan dari penelitian ini yaitu digunakan untuk menguji penerapan dari konseling kelompok Realita untuk mengurangi tingkat keterlambatan pada siswa SMA Negeri satu Gresik Penelitian ini menggunakan desain subjek tunggal dengan jumlah subjek sebanyak tiga orang Dari hasil level stabilitas ketiga subjek di fase baseline delapan puluh tujuh persen dan di fase intervensi tujuh puluh lima persen pada perubahan level ketiga subjek menunjukan level positiv yang artinya adalah ada perubahan yang membaik dari siswa Dan pada hasil rekaptulasi jejak data pada grafik fase intervensi adalah menurun mengalami penurunan pada perilaku siswa terlambat Maka dijelaskan bahwa adanya perubahan hasil skor dan grafik pada perilaku terlambat sebelum dan sesudah diberi konseling realita
Late behavior is a deviant act by coming to school past the time limit which determined by the school and this is caused by several factors one of them is lack of student’s responsibility Delay is not a serious violations but if it is not immediately addressed and followed up it will have a negative impact on students development and achievement This condition occur in Senior High School one Gresik students Data collection methods used are observation and documentation
The purpose of this study is to test the application of Reality group counseling to reduce the level of delay in Senior High School one Gresik students This study uses a single subject design with the number of subjects are people The results of stability level of three subjects in baseline phase eighty seven persent and intervention phase seventy vive persent three subjects showed level positiv in level change which meant there was increasingly good change from students The result of data trace recapulation in intervention phase graph was down experienced decrease on late behavior before and after being given reality counseling Then explained that there was a change in the score and graph results on late behavior before and after being given reality counseling