STUDI LITERATUR MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI TATA CAHAYA DALAM TEKNIK FOTOGRAFI UNTUK SMK
LITERATURE STUDY OF LIGHTING SIMULATION BASED LEARNING IN PHOTOGRAPH ENGINEERING FOR VOCATIONAL SCHOOL
Dalam mata pelajaran produktif SMK, salah satunya Desain Grafis dan Percetakan, terdapat materi pembahasan mengenai teknik penggunaan kamera dalam fotografi. Permasalahan yang sering terjadi adalah siswa yang masih gagap terhadap beberapa fungsi dasar yang perlu dikenal terlebih dahulu sebelum melakukan praktikum. Studi literatur ini menggunakan Systematic Literature Review atau SLR, yakni menyeleksi tiap jurnal atau penelitian terdahulu dan mendapatkan hasil berupa rujukan dari model / ide yang akan dikembangkan ke depannya. Untuk pemilihan jurnal dapat dilakukan secara kolektif, dengan mempertimbangkan aspek perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil yang didapatkan dari studi literatur ini adalah penerapan media simulasi yang mencapai angka kisaran 90% untuk uji kevalidan dan hasil pembelajaran siswa, juga sekitar 75% siswa merasa dapat menggunakan media simulator pada saat pembelajaran penting, baik di bidang IT, maupun bidang non IT. Selain itu, beberapa siswa juga tertarik untuk mempelajari dan ikut mengembangkan penerapan media simulasi untuk pembelajaran-pembelajaran selanjutnya.
In vocational productive subjects, one of which is Graphic Design and Printing, there is discussion material regarding techniques for using cameras in photography. The problem that often occurs is students who are still stuttering about some basic functions that need to be recognized before doing practicum. This literature study uses a Systematic Literature Review or SLR, which is to select each journal or previous research and get results in the form of references from models / ideas that will be developed in the future. The selection of journals can be done collectively, by considering the aspects of planning, implementation and reporting. The results obtained from this literature study are the application of simulation media that reaches a figure of 90% for the validity test and student learning outcomes, also about 75% of students feel they can use simulator media during important learning, both in IT and non-IT fields. In addition, some students are also interested in learning and developing the application of simulation media for further lessons.