Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat percobaan tumbukan sebagai penunjang pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis (analisis), Design (rancangan), Development (realisasi), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Alat percobaan yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas X di SMA Negeri 12 Surabaya menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan tiga kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat percobaan sebesar 88,34% dengan kategori layak digunakan dalam pembelajaran. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 95,19% dari 104 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test untuk mengetahui kenaikan ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,64 yang tergolong dalam kategori sedang. Untuk respon peserta didik didapatkan respon yang baik dengan presentase 76,79%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat percobaan tumbukan telah layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran fisika materi momentum.
Kata kunci : tumbukan, validitas, pre-test, post-test
This study attempts to produce collision experiments apparatus as a support for physics learning. The method used in this study is the ADDIE model with stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The teaching apparatus developed were carried out to class X students at Surabaya 12 High School using the research design "One Group Pre-test Post-test Design" with three experimental classes. The data from this study are experimental apparatus validity of 88.34% with suitable category to be use. The completeness of learning outcomes of learners for 95.19% of 104 students spread in three classes. Based on the results of the pre-test and post-test analysis to know the increase of students cognitive, is obtained gain value in the amount of 0.64 which classified in the medium category. For the responses of students is good with a percentage of 76.79%. Overall, it can be concluded that the collision experimental apparatus has been feasible to be used as a medium support physics learning of momentum material.
Key word : collision, validity, pre-test, post-test.