Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa
Teachers Strategy in Improving Digital Literacy in Students
Abstrak
Kemampuan literasi digital bagi guru dan siswa sangat diperlukan untuk mempersiapkan agar masyarakat tidak mudah terkena dampak negatif saat menerima perkembangan teknologi yang sedang terjadi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan literasi digital pada siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka, referensi diambil dari beberapa artikel yang sesuai dengan tema artikel, pemilihan referensi berdasarkan judul artikel, kata kunci, dan hasil dari artikel tersebut. Hasil yang diperoleh dari kajian artikel diatas yaitu kemampuan literasi digital memiliki peran yang penting untuk menunjang keberhasilan dan perkembangan pembelajaran. Tingkat literasi digital dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran masih dalam taraf rendah sampai sedang, belum sampai menyentuh taraf tinggi. Adapun strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan literasi digital siswa, yaitu perubahan metode pembelajaran, perubahan media pembelajaran, meningkatkan karakter dan tanggung jawab siswa dalam menggunakan media digital sebagai sarana pembelajaran.
Kata kunci : literasi digital, strategi guru, teknologi
Abstract
Digital literacy skills for teachers and students are needed to prepare people so that they are not easily affected by negative impacts when accepting technological developments that are happening. The purpose of this article is to find out strategies that can be applied by teachers to improve digital literacy in students. The method used in writing the article is a qualitative method with a literature review approach, references are taken from several articles that match the theme of the article, the selection of references is based on the title of the article, keywords, and the results of the article. The results obtained from the study of the article above are that digital literacy skills have an important role to support the success and development of learning. The level of digital literacy and the use of technology in learning is still at a low to moderate level, not yet reaching a high level. The strategies that can be applied by teachers to improve students' digital literacy are changing learning methods, changing learning media, increasing students character and responsibility in using digital media as a learning tool.
Keywords : digital literacy, teacher strategy, technology