PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL WISATA PUTHUK PANGGANG WELUT KABUPATEN MOJOKERTO
DESIGNING THE VISUAL IDENTITY OF PUTHUK PANGGANG WELUT TOURISM, MOJOKERTO REGENCY
Wisata Puthuk Panggang Welut merupakan kawasan hutan yang juga menyuguhkan perpaduan konsep wisata alam dari hutan pinus, air terjun, dan juga lahan yang luas untuk camping. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan identitas visual untuk wisata Puthuk Panggang Welut seperti logo, kartu nama, kop surat, stiker, x banner guna menjaga konsistensi visual dan meningkatkan image dan awareness dari masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode perancangan design thinking. Data diperoleh dari observasi, wawancara, kemudian melakukan analisis, dilanjutkan dengan menganalisa SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) yaitu Keunggulan (Strenghts), Kelemahan (Weaknesses), Kemajuan Peluang (Opportunities), Ancaman (Threats) dan, menganalisa USP (Unique Selling Proposition). Hasil perancangan identitas visual ini adalah logo wisata Puthuk Panggang Welut yang dijadikan terapan di identitas visual seperti, stationery design, merchandise, car design, sign system, company profile dan Graphic Standard Manual sebagai buku panduan yang berisi aturan serta penggunaan identitas visual wisata Puthuk Panggang Welut. Dengan adanya perancangan ini, diharapkan dapat membantu pihak pengelola wisata Puthuk Panggang Welut untuk membuat identitas visual baru yang kuat serta media informasinya, untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang.
Puthuk Panggang Welut Tourism is a forest area that also presents a combination of natural tourism concepts from pine forests, waterfalls, and also large land for camping. This design aims to produce a visual identity for Puthuk Panggang Welut tourism such as logos, business cards, letterheads, stickers, and x banners to maintain visual consistency and increase image and awareness among the public and tourists. This study uses the design thinking design method. Data were obtained from observation, interviews, then analysis, followed by analyzing SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), namely Strengths, Weaknesses, Progress Opportunities, Threats, and, analyzing USP (Unique Selling Proposition). The result of this visual identity is the Puthuk Panggang Welut tourism logo which is used as an application in visual identities such as stationery design, merchandise, car design, sign systems, company profiles, and the Graphic Standard Manual as a guidebook containing rules and the use of the Puthuk Panggang Welut tourism visual identity. With this design, it is hoped that it can help the manager of the Puthuk Panggang Welut tour to create a new strong visual identity and its information media, to increase the number of visitors who come.