Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas V sekolah dasar. Keterampilan menyimak merupakan permasalahan mendasar bagi sebagian guru dalam menyampaikan materi pada siswa namun di sisi lain siswa memiiki keterampilan menyimak materi pembeajaran yang masih rendah yang disampaikan oleh guru. Rendahnya keterampilan menyimak disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode yang monoton seperti ceramah tanpa melibatkan siswa secara langsung. Siswa hanya pasif ketika mendengarkan materi simakan tanpa adanya umpan balik terhadap materi pembelajaran, sehingga dampaknya adalah hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal serta akan berdampak buruk pada kualitas pembelajaran tema lingkungan sahabat kita. Mencermati permasalahan di atas, muncullah suatu ide untuk mengimplementasi salah satu media pembelajaran menyimak sesuai dengan mata pelajaran bahasa indonesia yaitu media video Stand up Comedy.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi, peningkatan hasil menyimak siswa, dan kendala serta cara mengatasi dalam Implementasi Media Video Stand up Comedy untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif.. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media video Stand up Comedy tingkat keterlaksanaan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan menjadi 94%, nilai ketercapaian siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan menjadi 85, hasil belajar siswa dalam keterampilan menyimak secara klasikal dari siklus I samapai siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,9%, dan kendala-kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan baik.
Kata Kunci : media video, stand up comedy, keterampilan menyimak
This research originated from the low listening skills of elementary school students. Listening skills are a fundamental problem for some teachers in delivering material to students but on the other hand students have the skills to listen to the learning material that is still low delivered by the teacher. The low listening skill is caused by the teacher not using the right learning media and in learning the teacher still uses monotonous methods such as lectures without directly involving students. Students are only passive when listening to the subject matter without any feedback on the learning material, so that the impact is that the learning outcomes obtained by students are not optimal and will have a negative impact on the quality of our friends' environmental theme learning. Looking at the problems above, an idea emerged to implement one of the listening learning media in accordance with Indonesian subjects, namely the Stand up Comedy video media.
The purpose of this study is to describe the implementation, improvement of student learning outcomes, and constraints and ways to overcome the Stand Up Comedy Video Media Implementation to Improve the Skill of Listening Indonesian Language Students of fifth grade.
The type of research used is Classroom Action Research which is carried out collaboratively. The study was conducted in two cycles, each cycle there are three stages, namely: planning, implementation and observation, reflection. Data collection techniques used were observation and tests The results showed that the implementation of Stand up Comedy video media level of implementation of cycle I to cycle II increased to 94%, the achievement value of cycle I to cycle II increased to 85, student learning outcomes in listening skills classically, from the first cycle to the second cycle, it increased to 86.9%, and the constraints faced could be handled well.
Keywords: video media, stand up comedy,listening skills