ABS TRAK
Hasnih, 2019.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)
Terhadap Internalisasi Nilai-nilai Demokratis Berbasis Kearifan Lokal Tudang
Sipulung Pada Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Pendidikan Dasar.
Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Drs. Nasution,
M.Hum., M.Ed., Ph.D. dan (II) Dr. M. Jacky, S.Sos.,M.Si.
Kata Kunci : Model
Pembelajaran Value Clarification Technique, Nilai Demokratis, Kearifan Lokal
Tudang Sipulung
Salah satu mata
pelajaran yang menjadi pendidikan penting untuk ditanamkan kepada anak adalah
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) karena Pendidikan IPS sangat erat
kaitannya dengan lingkungan, Karakteristik dan kebutuhan siswa SD. Urgensi yang
timbul kurangnya nilai-nilai budaya lokal pada diri siswa yang merupakan ciri
khas masyarakat Indonesia. Hal demikian terjadi karena pembelajaran IPS yang
dihadirkan oleh guru tidak memiliki kesan mendalam ditambah dengan arus budaya
barat yang sangat kuat. Oleh karena itu, upaya untuk menanamkan budaya menjadi
perhatian penting, salah satunya budaya tudang sipulung sebagai budaya lokal
bugis makassar yang berarti duduk bersama yang telah ditinggalkan oleh sebagian
masyarakat sebagai wujud bagian demokrasi deliberatif habermas. Penelitian ini
kemudian mendasarkan pada penanaman nilai demokratis berbasis kearifan lokal
tudang sipulung melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification
Technique.
Penelitian ini
menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitaif dengan jenis metode quasi eksperimen
dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Prestest-Posttest
Design, Adapun sampel penelitian ini berjumlah 29 orang. Data yang diperoleh
melalui pre-test dan post-test kelas eksperimen diolah kedalam SPSS 25.00.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran value
clarification technique menunjukkan adanya pengaruh setelah
diberikan perlakuan. H asil uji paired sample t-test dengan signifikansi
2-tailed adalah 0,000 < 0,05 yang berarti a danya perubahan signifikansi
terhadap nilai afektif siswa setelah diberikan perlakuan.
Kesimpulan pada
penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Value
Clarification Technique terhadap internalisasi nilai demokratis berbasis
kearifan lokal tudang sipulung pada pembelajaran IPS siswa sekolah dasar kelas
IV di SDN 57 Bulu-bulu. Hal ini dapat menjadi acuan untuk menunjang proses
pembelajaran IPS siswa kedepannya dengan penerapan model pembelajaran VCT.