ABSTRAK
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MEDIA PLASTISIN TEPUNG DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT AL-FALAH CANGA’AN KANOR BOJONEGORO
Nama Mahasiswa : Ade Miftahul farihah
NIM : 12020124032
Program Studi : S1 Pendidikan Seni Rupa
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Martadi, M.Sn.
Tahun : 2019
Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya kreativitas Anak dalam pembelajaran seni di Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga’an karena kurang menarik dan variatifnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran seni di Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga’an masih menggunakan media dua dimensi sehingga selain kreativitas Anak susah berkembang, Anak juga susah untuk memiliki kecerdasan spasial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas Anak melalui media plastisin tepung, dan mendeskripsikan aktivitas Anak selama proses pembelajaran menggunakan media plastisin tepung.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi pada 2 Siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) melalui media plastisin tepung ini kreativitas Anak kelas B di Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga’an mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Pada kegiatan pretest hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 253 dengan rata-rata skor 14,04 dan prosentase 56,22%. Pada tindakan Siklus I hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 310 dengan rata-rata skor 17,21 dan prosentase 68,86%. Sedangkan pada tindakan siklus II hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 353 dengan rata-rata 19,59 dengan prosentase 78,44%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media plastisin tepung dapat meningkatkan kreativitas anak kelas B di Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah dengan baik.
(2) melalui media plastisin tepung ini Aktivitas Anak kelas B di Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga’an mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Pada kegiatan pretest hasil skor keseluruhan pada penilaian Aktivitas anak sebesar 255 dengan rata-rata skor 14,14 dan prosentase 56,66%. Pada tindakan Siklus I hasil skor keseluruhan pada penilaian aktivitas anak sebesar 288 dengan rata-rata skor 15,98 dan prosentase 63,99%. Sedangkan pada tindakan siklus II hasil skor keseluruhan pada penilaian kreativitas anak sebesar 330 dengan rata-rata 18,3 dengan prosentase 73,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media plastisin tepung dapat meningkatkan Aktivitas anak kelas B di Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah dengan baik.
Kata kunci : Media, plastisin tepung, kreativitas
ABSTRACT
IMPROVING CHILDREN'S CREATIVITY THROUGH FLOUR PLASTICIN MEDIA IN RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT AL-FALAH CANGA'AN KANOR BOJONEGORO
Name : Ade Miftahul Farihah
Nim : 12020124032
Study Program : Art Education
Department : Fine Arts
Faculty : Language and Art
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Drs. Martadi, M.Sn.
The background of this research there are low Children’s creativity in art lesson at Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah canga'an because the learning media which use at art lesson is not interesting and not variatif. In art lesson, Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga'an still uses two-dimensional media. So, the children’s creativity is difficult to develop, beside that, Children also difficult to have spatial intelligence.
The main purpose of This research is to describe the improvement of Children's creativity use flour plasticine media, and describe the Children’s activities during the learning process using flour plasticine media.
This research uses the Class Action Research method. This research was held in 2 cycles which consist of the planning, acting, observing and reflecting. To collecting data this research uses observation, interview, log book, and documentation.
The results of this research is indicate that: (1) the learning process which using flour plasticine media, children’s creativity of Class B at Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga'an have improved from before the action applied until after the action applied. In the pretest, the total score in the assessment of children's creativity amounted to 253 with an average score of 14.04 with percentage score 56.22%. In Cycle I, the total score in the assessment of children's creativity amounted 310 with an average score of 17.21 and a percentage score 68.86%. in cycle II, the total score in the assessment of children's creativity amounted to 353 with an average score 19.59 and a percentage score 78.44. so, it can be concluded that flour plasticine media can improve the children’s creativity of class B at Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah.
(2) in the learning process which using flour plasticine media, children’s activity of Class B at Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah Canga'an have improved from before the action applied until after the action applied. In the pretest, the results of total score in the assessment of child activity amounted to 255 with an average score 14.14 with percentage score 56.66%. In Cycle I, the total score in the assessment of children's activities is 288 with an average score 15.98 and a percentage score 63.99%. in cycle II, the result of total score on the assessment of children's creativity is 330 with an average score 18.3 and a percentage score 73.33%. so, it can be concluded that flour plasticine media can improve the children’s Activity of class B at Raudhatul Athfal Muslimat Al-Falah.
Keywords: Media, flour plasticine, creativity