ANALISIS KEGAGALAN SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI KESEBANGUNAN
FAILURE ANALYSIS OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN CONTEXTUAL PROBLEM SOLVING CONSTRUCTION MATERIALS
Pemecahan masalah merupakan aktivitas penting dalam pembelajaran matematika. Masih terdapat siswa yang mengalami kegagalan dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan siswa dalam pemecahan masalah kontekstual materi kesebangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek 4 siswa dari SMA Negeri di Bojonegoro. Subjek penelitian dipilih dari siswa yang mengalami kegagalan di tahapan pemecahan masalah Polya yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap memahami masalah siswa gagal dalam menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal, siswa gagal dalam menentukan informasi yang cukup untuk mencari yang ditanyakan, gagal memvisualisasikan masalah dengan tepat, dan memberikan argumen pemahamannya yang tidak sesuai dengan soal. Pada tahap merencanakan masalah, siswa gagal dalam mengkaitkan masalah dengan materi matematika, kurang tepat dalam menyebutkan teorema atau definisi yang terkait dengan masalah. Pada tahap menyelesaikan pemecahan masalah siswa menjalankan penyelesaian tidak sesuai dengan rencana yang sudah disusun, menyelesaikan masalah dengan langkah yang kurang tepat, dan gagal membuktikan penyelesaiannya adalah benar. Pada tahap melihat kembali pemecahan masalah siswa gagal menemukan alternatif penyelesaian lain. Ketidakmampuan siswa menemukan konsep atau teorema yang relevan menjadi indikasi bahwa ada masalah dalam menerapkan konsep matematika di kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : kegagalan, masalah kontekstual, pemecahan masalah Polya.
Problem solving is an important activity in learning mathematics. There are still students who experience failure in problem solving. This study aims to analyze students' failure in solving contextual problems of similarity material. This study uses a qualitative approach with the subject of 4 students from SMA Negeri in Bojonegoro. Research subjects were selected from students who failed at different stages of Polya's problem solving. The results show that at the stage of understanding the problem students fail to determine what is known and what is being asked about, students fail to determine sufficient information to find what is being asked, fail to visualize the problem correctly, and provide arguments for understanding that are not in accordance with the question. At the stage of planning the problem, students fail to relate the problem to mathematical material, are less precise in mentioning theorems or definitions related to the problem. At the stage of completing problem solving, students carry out solutions that are not in accordance with the plans that have been prepared, solve problems with inappropriate steps, and fail to prove the solution is correct. At the stage of reviewing problem solving students fail to find other alternative solutions. The inability of students to find relevant concepts or theorems is an indication that there are problems in applying math concepts in everyday life.
Keywords : failure, contextual problem, problem solving Polya.