Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Manajemen program pendidikan sistem ganda jurusan akuntansi dalam peningkatan kompetensi lulusan di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Program Pendidikan Sistem Ganda Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya adalah sebagai berikut : (a) Jadwal PSG dibuat oleh Kepala kompetensi jurusan akuntansi dengan melakukan koordinasi bersama Waka Hubinmas, Kepala Lab dan guru-guru jurusan akuntansi terkait pembagian kelompok PSG, pemilihan pembimbing dan jumlah industri yang digunakan; (b) Guru pembimbing mengajukan proposal dan melakukan negoisasi dengan industri; (c) Membuat Perjanjian kerjasama (MOU) dengan industri; (d) Memberikan surat pengantar serta kelengkapan administrasi kepada peserta didik; (e) Memberikan pembekalan kepada peserta didik sebelum pemberangkatan PSG. (2) Program Pendidikan Sistem Ganda Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya dilaksanakan selama 3 bulan di Semester ganjil dan 3 bulan di Semester Genap, Guru pembimbing PSG melakukan monitoring ke industri setiap satu bulan sekali. (3) Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya dilakukan oleh pihak institusi pasangan. Nilai-nilai yang diberikan sesuai dengan poin-poin yang sudah ditentukan oleh sekolah dan disuaikan juga dengan bidang pekerjaan peserta didik di institusi pasangan. Tingkat persentase keterserapan lulusan peserta didik Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya di DU/DI mencapai tingkat persentase cukup tinggi, yaitu sekitar 70%.
Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Program Pendidikan Sistem Ganda
This study aims to describe and analyze the management of a dual system education program majoring in accounting in improving the competency of graduates at SMK Negeri 1 Surabaya. This study used a qualitative approach with case study design. Data collection techniques in this study using interviewing techniques, observation, and documentation studies. The data obtained are then analyzed by condensation technique, data presentation and data verification. The data then tested its validity by using creadibility, transferability, dependability, and confirmability techniques. The results of this study indicate that : (1) Planning of the Dual System Education Program Accounting Major at SMK Negeri 1 Surabaya is as follows: (a) PSG Schedule is made by the head of the accounting major competency by coordinating with Waka Hubinmas, Head of Lab and accounting major teachers related to the division of PSG groups, selection of supervisors and number of industries used; (b) The guiding teacher submits a proposal and negotiates with the industry; (c) Making cooperation agreements (MOU) with industry; (d) Providing a cover letter and completeness of administration to students; (e) Providing debriefing to students before the departure of PSG. (2) Dual System Education Program Accounting Major at SMK Negeri 1 Surabaya is held for 3 months in odd semester and 3 months in Even Semester, PSG mentor teacher monitors the industry every once a month. (3) Evaluation of the Dual System Education Program The Accounting Major at SMK Negeri 1 Surabaya is conducted by the partner institution. The values given are in accordance with the points that have been determined by the school and also adjusted to the field of work of students at the partner institution. The percentage level of absorption of SMK Negeri 1 Surabaya Accounting major students in DU/DI reaches a high percentage level, which is around 70%.
Keywords : Planning, Implementation, Evaluation, Dual System Education Program