ABSTRAK
Habib Ahsani, M Rizal. 2019. Pengembangan Media Poster Digital Terhadap Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dan (II) Dr. Totok Suyanto, M.Pd.
Kata Kunci: Media Poster Digital, Motivasi, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kelayakan media poster digital untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) Menganalisis kelayakan media poster digital yang dikembangkan oleh peneliti dalam proses pembelajaran kelas V pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar, 2) Menganalisis kepraktisan media poster digital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar, 3) Menganalisis keefektifan media poster digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang menghasilkan produk media poster digital. Desain penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar angket, lembar tes, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan rumus statistik dan teknik analisi kualitatif dengan deskripsi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media poster digital layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi media poster digital dari dosen ahli media dengan persentase 88,3%, dan hasil validasi media poster digital dari dosen ahli materi dengan persentase 86,7%. Kepraktisan media poster digital dalam pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket motivasi belajar 20 sangat tinggi dengan persentase 93,6%. Media poster digital terbukti lebih efektif untuk meingkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pre-test(sebelum menggunakan media poster digital) dengan hasil belajar post-test (sesudah menggunakan media poster digital). Hal ini dibuktikan dari hasil nilai pre-test sebesar 73%, sedangkan hasil nilai post-test sebesar 86%. Hasil nilai diperkuat dengan uji t-test menunjukkan bahwa nilai nilai thitung = 12,365 > ttabel = 2,093, sehinnga keputusan Ho ditolak, atau ada perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian media poster digital, dimana hasil belajar narasi post-test lebih baik dibandingkan dengan pre-test.
ABSTRACT
Habib Ahsani, M Rizal. 2019. The development of digital poster media to social study subject to improve motivation and learning result of fifth grade student elementary school. Thesis. Study Program of elementary school , post-graduate of state university of surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dan (II) Dr. Totok Suyanto, M.Pd.
Keywords: digital poster media, motivation, learning result
This research background was the lack of student’s motivation in learning process on social study. The objective of this research was to analyse the worthiness of digital poster media to improve the motivation and learning result of fifth grade student elementary school. Specifially, the aim of this research were as follow: 1) to analyse the worthiness of digital poster media that developed by researcher on fifth grade social study learning process on elementary school, 2) to analyse the practicality of digital poster media to improve motivation of fifth grade social study learning process on elementary school, 3) to analyse the effectiveness of digital media poster to improve fifth grade student’s learning result on social study of elementary school.
This was a research and development (R&D) research that produce digital poster media. Reserach design applied was ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Instrument that used were questioner sheet, test sheet, and documentation sheet. Data analysis technique that applied was quantitative analysis technique with statistical formula and qualitative ones with description.
Research result showed that digital poster media worthed to applied in learning. The validation result of digital poster media from media expert lecture with percentage of 88.3% and validation result form matter expert with percentage of 86.7%. the practicality of digital poster media in learning showed high result. It proved from the twenty learning motivation questioner result that very high with percentage of 93.6%. digital poster media proved more effective to improve student’s learning result. This learning result showed there was a significant difference between pre-test and post-test learning result (before and after applying digital poster media). It proved from pretest score result as big as 73% while form posttest was as big as 86%. It supported with t-test result that showed tcount = 12.365 > ttable = 2.093, that Ho is rejected, or there is a significant learning result before and after the application of digital poster media, whereas leraning result of posttest narration was better than pretest.