Kurikulum Cambridge mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang merupakam inti dari pengelaman belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang (1) Gambaran implementasi kurikuum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo; (2) Faktor pendukung dalam implementasi kurikuum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo; (3) Faktor penghambat dalam implementasi kurikuum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo; (4) Upaya yang ditempuh dalam mengatasi hambatan dalam implementasi kurikuum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut :(1) Implementasi kurikulum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo menggunakan sistem adopsi adaptif. Terdapat dua penilaian yakni CPPT (Cambridge Primary Progression Test) dan checkpoint .(2) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum Cambridge adalah peningkatan SDM dan kualifikasi tenaga pendidik, dukungan dari pihak eksternal seperti pihak Cambridge, pemerintah, kementerian agama maupun wali murid. (3) Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum Cambridge adalah wali murid yang memiliki keingingan yang berbeda. Beberapa tenaga pendidik memiliki kemampuan bahasa inggris yang kurang. Dan peserta didik mengalami kesulitan pada mata pelajaran bahasa inggris (4) Upaya dalam mengatasi hambatan dengan menggunakan pendekatan-pendekatan intensif kepada pihak yang terkait. Untuk mengatasi pemahaman bahasa inggris pada tenaga pendidik adalah dengan cara mengkuti pelatihan khusus untuk berbahasa inggris. Bagi peserta didik dengan merubah first language ke second language.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Sistem Pembelajaran, Kurikulum Cambridge
The Cambridge curriculum develops the understanding, knowledge and skills of students who are at the core of learning experience. The purpose about this research to describe about (1) An overview of Cambridge curriculum implementation in the learning system at MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo; (2) Supporting factors in Cambridge curriculum implementation in the learning system at MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo; (3) Inhibiting factors in Cambridge curriculum implementation in the learning system at MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo; (4) Efforts taken in overcoming obstacles in the implementation of Cambridge curriculum on the learning system at MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo.
This study used a qualitative approach with study case method. The techniques used retrieval data interview, observation, and documentation. Analysis of the data used are condensation data, presentationdata, and verificationdata. The validity test of the data used source triangulation data, technical triangulation, and member check. The validity of the data checking by credibility test, transferbility test, dependability test and confirmability test. The stages of research conducted by researchers are pre-field stage, stage of field activities, and data analysis phase.
The results of the study can be explained as follows: (1) The implementation of the Cambridge curriculum in the learning system at MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo uses an adaptive adoption system. There are two assessments, namely CPPT (Cambridge Primary Progression Test) and checkpoint. (2) Supporting factors in the implementation of the Cambridge curriculum are increasing human resources and qualifications of educators, support from external parties such as Cambridge, government, religious ministries and guardians of students. (3) Inhibiting factors in implementing the Cambridge curriculum are guardians of students who have different desires. Some educators have less English language skills. And students experience difficulties in English subjects (4) Efforts to overcome obstacles by using intensive approaches to the parties concerned. To overcome the understanding of English in educators is by following a special training for speaking English. For students by changing first language to second language.
Keywords: Implementation of Curriculum, Learning System, Cambridge Curriculum