Pada saat ini kompetisi global semakin meningkat
dan kompetitif, hal ini disebabkan karena era revolusi industri saat ini telah
memasuki revolusi industri 4.0. Adanya kompetisi global yang semakin kompetitif
tersebut menyebabkan meningkatnya keinginan atau harapan dari pelanggan dari
pendidikan tinggi, yaitu mahasiswa. Penelitian ini telah dilakukan karena
peneliti ingin menguji seberapa pengaruh kinerja dosen dan layanan administrasi
akademik tenaga kependidikan terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Manajemen
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Pada
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian
ini yaitu 178 mahasiswa. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan program SPSS For Windows 22.0 . berdasarkan hasil
data dari analisis uji T bahwa pada variabel kinerja dosen secara parsial
berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa dengan Thitung
sebesar 2,203 > Ttabel sebesar 1,973 dengan nilai signifikan
sebesar 0,029 < nilai alpha 0,05. Pada variabel layanan administrasi
akademik tenaga kependidikan secara parsial berpengaruh terhadap variabel
kepuasan mahasiswa dibuktikan dengan nilai Thitung sebesar 8,222
> Ttabel sebesar 1,973 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 <
nilai alpha 0,05.
Pada
hasil analisis uji F pada penelitian ini memperoleh Fhitung sebesar
87,554 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < nilai alpha 0,05. Sehingga H0
ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
kinerja dosen dan layanan administrasi akademik tenaga kependidikan secara
simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Oleh sebab
itu, adanya kinerja dosen dan layanan administrasi akademik tenaga kependidikan
yang berkualitas merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan kepuasan
mahasiswa.
Kata Kunci : kinerja
dosen, layanan administrasi akademik, kepuasan mahasiswa