Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah Di Indonesia.
The Effect of Corporate Social Responsibility Disclosure on the Performance of Islamic Commercial Banks in Indonesia.
Bank syariah merupakan perusahaan yang tujuan sosialnya minimal harus sama pentingnya dengan tujuannya dalam memperoleh laba. Karena bank syariah merupakan bank yang menganut sistem syariah yang berpedoman pada Al-Quran dan Al hadist. Tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan bank syariah ternyata masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja Bank Umum Syariah. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Jenis data menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah periode 2012-2018. Sampel adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia dan otoritas jasa keuangan yang berjumlah 13 bank. Variabel dependen adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA dan ROE, sedangkan variabel independen adalah CSR yang diukur dengan indeks pengungkapan sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap return on asset dan return on equity.
Islamic banks are companies whose social goals must be at least as important as their goals in making a profit. The level of social reporting by Islamic banks is still low. The purpose of this study was to determine the effect of disclosure of corporate social responsibility (CSR) on the performance of Islamic Commercial Banks. This type of research is quantitative research. This type of data uses secondary data taken from the annual financial reports of Islamic Commercial Banks for the period 2012-2018. Samples are Sharia Commercial Banks registered with Bank Indonesia and financial service authorities, totaling 13 banks. The dependent variable is financial performance as proxied by ROA and ROE, while the independent variable is CSR as measured by the social disclosure index. Data collection techniques using documentation techniques. The data analysis technique used multiple linear regression. The results showed that the disclosure of corporate social responsibility (CSR) has a positive effect on return on assets and return on equity.