Nama :
Meryn Maria Ulva
NIM :
18030654060
Program Studi :
S-1 Pendidikan Sains
Jurusan :
Pendidikan IPA
Fakultas :
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Siti Nurul Hidayati, S.Pd,
M.Pd
Email :
meryn.18060@mhs.unesa.ac.id
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran,
respons siswa, dan hasil belajar ranah pengetahuan dengan penerapan circulatory bottle. Jenis penelitian menggunakan pra-eksperimen
dengan one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini terdiri dari 17 siswa kelas VIII A
SMP NU Bahrul Ulum Gresik Tahun Ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan observasi, angket, dan tes dengan instrumen berupa lembar tes
tertulis, lembar angket respons siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran. Hasil penelitian ini, yaitu: (a) keterlaksanaan pembelajaran
dengan circulatory bottle pada setiap
tahapan di tiga pertemuan mendapatkan kategori sangat baik; (b) penerapan circulatory
bottle respons siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran adalah positif
dengan kategori sangat baik (c) hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan
mengalami peningkatan, dengan rata-rata N-gain
masuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa penerapan circulatory
bottle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata
Kunci: Alat Peraga, Circulatory Bottle, Hasil Belajar