Pengembangan E-Learning Pada Pelaksanaan Bimbingan Teknis Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Timur
E-Learning Development in the Implementation of Technical Guidance at the East Java Education Quality Assurance Institute
ABSTRAK
Prasetyo, Edi. 2021. Pengembangan E-Learning Pada Pelaksanaan Bimbingan Teknis Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Timur. Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., (2) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan, e-learning, bimbingan teknis, lpmp
Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur merupakan lembaga yang bertugas melaksanakan kegiatan penjaminan mutu pendidikan daerah, mulai dari pemetaan mutu, supervisi, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan, hingga fasilitas peningkatan mutu pendidikan. Salah satu wujud program penjaminana mutu adalah dengan melaksanakan program bimbingan teknis untuk memberikan bekal pemahaman dan/ atau keterampilan kepada para tenaga pendidik dan/ atau kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-learning yang layak untuk dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran serta berpengaruh pada hasil belajar peserta bimbingan teknis di LPMP Jatim.
Penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam model penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan Tes. Kelayakan media dinilai dari data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran bermedia, fasilitator hingga sasaran. Pengaruh penggunaan produk dinilai dari hasil tes pada saat uji coba lapangan kepada sasaran dengan menggunakan model kelas eksperiman dan kelas kontrol. Dilakukan perhitungan hasil tes dan didapatkan gain untuk kemudian dikonsultasikan dengan standar gain ternormalisai.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa: (1) secara umum uji kelayakan dari 3 ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan; (2) penggunaan e-learning yang dikembangkan berpengaruh pada hasil belljar peserta, pengaruh dinilai baik untuk meningkatkan pemahaman peserta dinilai berdasarkan hasil tes. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta.
ABSTRACT
Prasetyo, Edi. 2021. E-Learning Development in the Implementation of Technical Guidance at the East Java Education Quality Assurance Institute. Thesis. Educational Technology Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor (1) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., (2) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Keywords: Development, e-learning, technical guidance, lpmp
East Java Education Quality Assurance Institute (LPMP) is an institution in charge of implementing regional education quality assurance activities, ranging from quality mapping, supervision, development and management of education quality information systems, to educational quality improvement facilities. One form of the quality assurance program is to implement a technical guidance program to provide provision of understanding and/or skills to educators and/or education staff. This study aims to produce appropriate and effective e-learning to be used in the implementation of technical guidance learning at LPMP for East Java.
The research carried out is included in the research and development model using the ADDIE method. Data collection techniques were carried out using questionnaires and test instruments. The feasibility of the media is assessed from the data obtained from material experts, media experts, media learning experts, facilitators to targets. The effect of using the product was assessed from the test results during field trials to the target using the experimental class and control class models. The test results are calculated and the gain is obtained and then consulted with the normalized gain standard.
Based on the results of the research conducted, the results showed that: (1) in general the feasibility test from 3 experts showed that the product developed was very feasible to use; (2) the use of developed e-learning has an effect on the participants' learning outcomes, the effect is considered good to improve participants' understanding based on the test results. From these results, it can be concluded that the developed e-learning is declared feasible and affects the learning outcomes of participants.