PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TARIK
IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF GERMAN LISTING SKILLS USING KAHOOT MEDIA STUDENTS OF CLASS XI SMA NEGERI 1 TARIK
Nama mahasiswa : Fuxie Reinhard Lomi
NIM : 19020094030
Prodi/Jurusan : S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
Tahun : 2023
Kata Kunci : Hasil belajar, keterampilan menyimak, Kahoot
Hasil keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas XI IBB SMA Negeri 1 Tarik tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran di kelas bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran hanya menggunakan buku sebagai sumber pelajaran sehingga terkesan membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat penting karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk itu, media Kahoot menjadi salah satu media yang dipakai pada penelitian ini, karena terdapat banyak fitur-fitur unik, serta lebih variatif dan menyenangkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar keterampilan menyimak bahasa Jerman menggunakan media Kahoot siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarik. Hasil belajar yang dimaksud diperoleh melalui tes keterampilan menyimak bahasa Jerman dengan Tema Familie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Tarik sebelum dan sesudah menggunakan media Kahoot. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama peserta didik diberikan materi dan tes keterampilan menyimak. Pertemuan kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media media Kahoot dan pada pertemuan ketiga dilakukan tes keterampilan menyimak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan menyimak sebelum dan sesudah tes. Hal itu ditunjukan dari nilai rata-rata tes awal kelas yaitu sebesar 54,6, dan tes akhir kelas mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,5.
Student Name : Fuxie Reinhard Lomi
Study Program/Department : S1 German Language Education
Faculty : Faculty of Languages and Arts
Name of an Institution : State University of Surabaya
Advisors : Drs. Ari Pujosusanto, M.Pd.
Year : 2023
Keywords : Learning outcomes, listening skills, Kahoot
The results of the German listening skills of class XI IBB students at SMA Negeri 1 Tarik are classified as low. One reason is the lack of use of media in classroom learning and never even using the learning media.Learning only uses books as a source of learning so it seems boring.To overcome this problem, we need to learn media.The use of learning media is very important because it can affect students learning outcomes.For this reason, Kahoot media is one of the media used in this research, because it has many unique features and is more varied and fun. The formulation of the problem in this study is how the results of learning German listening skills using Kahoot media for class XI, students of SMA Negeri, 1 Tarik. The intended learning outcomes were obtained through a German listening skills test with the Family Theme.This study used a qualitative approach with a descriptive research type.The data from this study is the learning outcomes of class XI IBB students at SMA Negeri 1 Tarik before and after using Kahoot media.This research was conducted in 3 meetings.In the first meeting, students were given materials and listening skills.The second meeting of learning was carried out using Kahoot media and in the third meeting the listening skill test was carried out.The results showed that there was an increase in listening skills, learning outcomes, before and after the test. This is shown from the average value of the initial class test which is equal to 54.6 and the final class test obtains an average value of 82.5.