Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh pengalaman PLP mahasiswa Pendidikan
Teknik Bangunan terhadap minat menjadi guru, (2) Pengaruh kemampuan bidang
studi gambar bangunan mahasiswa pendidikan teknik bangunan terhadap minat
menjadi guru, (3) Pengaruh pengalaman PLP dan kemampuan bidang studi gambar
bangunan mahasiswa pendidikan teknik bangunan terhadap minat menjadi guru.
Pada penelitian
ini menggunakan desain penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang
bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu Pengalaman PLP (X1 ), dengan Kemampuan Bidang Studi Gambar Bangunan (X2 ), terhadap variabel Minat Menjadi Guru (Y). Metode
pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel pengalaman PLP dan minat
menjadi guru, serta tes soal gambar untuk variabel kemampuan bidang studi
gambar bangunan. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling
dengan metode sampling jenuh, di mana seluruh anggota populasi dijadikan
sampel. Analisis data mencakup uji normalitas, uji linearitas, uji
multikolinearitas, dan analisis regresi linier berganda untuk menentukan
hubungan antara variabel-variabel penelitian.
Hasil penelitian ini adalah sebagai
berikut (1) Terdapat
Pengaruh antara pengalaman PLP terhadap minat menjadi guru. Dengan uji parsial
pengaruh nilai pengalaman PLP terhadap minat menjadi guru adalah sebesar 0,023.
Sehingga dapat diambil
keputusan tolak H 0 (0,023<alpha=0,05) dengan
besar koefisien korelasi Pearson antara
Pengalaman PLP terhadap Minat Menjadi Guru adalah 0,405 (tingkat korelasi
sedang). (2) Terdapat Pengaruh antara kemampuan Bidang Studi Gambar Bangunan
terhadap minat menjadi guru. Dengan uji parsial pengaruh nilai bidang
studi gambar bangunan terhadap keputusan minat menjadi guru adalah sebesar 0,021. Sehingga
dapat diambil keputusan tolak H 0 (0,021<alpha=0,05) dengan koefisien
korelasi Pearson antara minat menjadi
guru dan nilai gambar bangunan adalah 0,401 (tingkat korelasi sedang). (3) Terdapat
Pengaruh antara pengalaman PLP dan kemampuan bidang studi gambar bangunan terhadap minat menjadi guru. Dengan
didapatkan p-value sebesar 0,006<0,05
sehingga dapat disimpulkan secara simultan variabel bebas memengaruhi variabel
terikat yakni pengalaman PLP dan kemampuan bidang studi gambar bangunan
mempengaruhi minat menjadi guru.