Retorika Persuasif dalam Caption Postingan Akun Instagram Resmi Presiden Joko Widodo
Persuasive Rhetoric in the Caption of President Joko Widodo's Official Instagram Account Posts
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan retorika persuasif meliputi teknik, penggunaan diksi, dan tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah caption instagram presiden Jokowi dan data penelitian berupa penggalan wacana yang mengandung kalimat retorika persuasif dan diksi yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian ini: (1) teknik retorika persuasif yang ditemukan yaitu rasionalisasi sebanyak 18 data, identifikasi 14 data, sugesti 50 data, konformitas 7 data, kompensasi 6 data, penggantian 3 data, dan proyeksi 2 data. (2) diksi yang ditemukan yaitu makna denotatif sebanyak 25 data, makna konotatif 15 data, kata umum 7 data, kata khusus 4 data, kata ilmiah 20 data, dan kata populer 29 data. (3) tujuan yang ditemukan yaitu memberikan informasi sebanyak 30 data, menimbulkan inspirasi 5 data, meyakinkan 17 data, menggerakkan atau mengarahkan 48 data. Tidak ditemukan tujuan retorika persuasif menghibur atau menyenangkan. Maka dengan ditemukannya hasil dari masing-masing data berdasarkan teknik, diksi, dan tujuannya dapat membuktikan bahwa sering ditemukan teknik sugesti, diksi kata populer, dan tujuan menggerakkan yang perlu dipahami oleh masyarakat terhadap maksud dari masing-masing tuturan retorika persuasif tersebut.
Kata Kunci: retorika, persuasif, teknik, diksi, tujuan.
This study aims to describe persuasive rhetoric including technique, use of diction, and purpose. This research is a descriptive research with a qualitative approach. The source of the data used is the Instagram caption of Jokowi's president and the research data is in the form of fragments of discourse that contain persuasive rhetoric and the diction contained therein. Collecting data using the method of listening to the technique of note. Data analysis used interpretive descriptive analysis techniques. The results of this study: (1) persuasive rhetorical techniques were found, namely rationalization of 18 data, identification of 14 data, suggestion of 50 data, conformity of 7 data, compensation of 6 data, replacement of 3 data, and projection of 2 data. (2) the dictions found were 25 data denotative meanings, 15 data connotative meanings, 7 general words, 4 special words, 20 scientific words, and 29 popular words. (3) the objectives found are to provide information as much as 30 data, inspire 5 data, convince 17 data, move or direct 48 data. Not found the purpose of persuasive rhetoric is entertaining or fun. So by finding the results of each data based on the technique, diction, and purpose, it can be proven that there are often suggestions techniques, popular word diction, and moving objectives that need to be understood by the public regarding the intent of each of these persuasive rhetorical utterances.
Keywords: rhetoric, persuasion, technique, diction, purpose.