Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan penjaminan mutu internal di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Tempat penelitian di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, seluruh dewan guru serta tenaga kependidikan, dan tim penjamin mutu SMA 17 Agustus 1945 Surabaya yang berjumlah 55 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket menggunakan Google Form. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif dengan aplikasi IBM SPSS. Nilai perhitungan ditentukan berdasarkan presentase dengan menggunakan rentang nilai yang dikonversikan dalam kriteria bentuk kualitatif untuk menentukan aktualisasi capaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil evaluasi context SPMI diaktualisasikan berbentuk dukungan kebijakan dalam penerapan SPMI, presentase hasil rata-rata 81,57% kategori “baik”; (2) Hasil evaluasi input SPMI yaitu pendidik berkualifikasi S1 dan memiliki latar belakang pendidikan sesuai mata pelajaran, sarana dan prasarana memadai. Presentase hasil rata-rata 86,66% kategori “baik”; (3) Hasil evaluasi process SPMI guru menciptakan pembelajaran secara inklusif dan berbasis teknologi, penilaian siswa dilakukan adil dan objektif. Memiliki kategori baik dengan jumlah presentase 84,80%; (4) Hasil evaluasi product pada tahun pelajaran 2022-2023 lulusan kelas XII yang lolos perguruan tinggi negeri berjumlah 73 siswa, prestasi sekolah terakreditasi A (Unggul) dengan nilai 93. Presentase hasil rata-rata berjumlah 82,42% dan berada pada kategori “baik”.
Kata Kunci: Evaluasi, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
This research aims to determine the results of the evaluation of the implementation of internal quality assurance at SMA 17 August 1945 Surabaya. This research uses a type of evaluation research using a quantitative approach. The method used is an evaluative method with the CIPP (Context, Input, Process, Product) model. Place of research at SMA 17 August 1945 Surabaya. The research subjects were the principal, the entire board of teachers and educational staff, and the quality assurance team of SMA 17 August 1945 Surabaya, totaling 55 people. Data was collected through distributing questionnaires using Google Form. The research data were analyzed descriptively statistically using the IBM SPSS application. The calculated value is determined based on a percentage using a range of values converted into qualitative form criteria to determine the actualization of achievements. The research results show that: (1) The results of the SPMI context evaluation are actualized in the form of policy support in implementing SPMI, the average percentage of results is 81.57% in the "good" category; (2) The results of the SPMI input evaluation are that educators have bachelor's degree qualifications and have an educational background according to the subject, adequate facilities and infrastructure. The average percentage of results is 86.66% in the "good" category; (3) The results of the SPMI teacher evaluation process create inclusive and technology-based learning, student assessments are carried out fairly and objectively. Has a good category with a percentage of 84.80%; (4) The results of product evaluation in the 2022-2023 academic year , class Good".
Keywords: Evaluation, Internal Quality Assurance System (SPMI)