Penggunaan Manipulatif Virtual Pada Pembelajaran Matematika Anak Diskalkulia
The Use of Virtual Manipulatives in Learning Mathematics for Dyscalculia Children
Manipulatif virtual sebagai salah satu teknologi bantu digital yang efektif untuk mendukung pemahaman konseptual anak diskalkulia tentang konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan manipulatif virtual pada pembelajaran matematika anak diskalkulia. Metode literature review yang digunakan dalam penelitian dengan tahapan identifikasi masalah, menyusun judul dan topik penelitian, menentukan kata kunci dan kriteria literature, menentukan database, penyaringan data, menganalisis data, dan pelaporan hasil. Sumber pencarian artikel melalui database online : Researchgate, SAGE, Z-lib, dan Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa penggunaan manipulatif virtual berdampak pada pemahaman matematika anak diskalkulia diantaranya : kemampuan mengenali operasi bilangan pecahan dengan penyebut yang berbeda, luas dan keliling bangun geometri, dan persamaan aljabar. Anak diskalkulia lebih terminimalisir kemampuan berhitungnya melalui manipulatif virtual serta lebih mudah memahami langkah-langkah pembelajaran matematika.
Virtual manipulatives as an effective digital assistive technology to support the conceptual understanding of dyscalculia children about mathematical concepts. This study aims to analyze the use of virtual manipulatives in learning mathematics for dyscalculia children. The literature review method used in the research includes the stages of problem identification, compiling research titles and topics, determining keywords and literature criteria, determining databases, filtering data, analyzing data, and reporting results. Search sources for articles through online databases: Researchgate, SAGE, Z-lib, and Google Scholar. Based on the results of data analysis using descriptive qualitative, it shows that the use of virtual manipulatives has an impact on the mathematical understanding of dyscalculia children including: the ability to recognize fractional operations with different denominators, area and perimeter of geometric shapes, and algebraic equations. Children with dyscalculia are more able to minimize their numeracy skills through virtual manipulatives and more easily understand the steps of learning mathematics.