IMPLEMENTASI MICROMETER SIMULATOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
IMPLEMENTATION OF MICROMETER SIMULATOR ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS
Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi, kecakapan dan karakteristik pribadi peserta didik melalui usaha sadar dan terencana. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga yang diberi tanggung jawab untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan, keahlian serta keterampilan khusus sehingga dapat langsung terjun dalam dunia kerja. Pendidikan yang diajarkan di SMK tidak hanya bersifat teoritis melainkan terdapat pembelajaran praktik, di mana pembelajaran praktik lebih ditekankan untuk dikuasai siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Experiment Design tipe Non Equivalent Pre-test Posttest. Metode Quasi Experiment Design tipe Non Equivalent Pretest Posttest Design dengan desain observasi yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.
Kata kunci: Hasil Belajar, Micrometer, Quasi Experiment
Education is a learning process to develop the potential, skills and personal characteristics of students through conscious and planned efforts. Vocational High School (SMK) is an institution that is given the responsibility to produce graduates who have special abilities, expertise and skills so that they can immediately enter the world of work. The education taught in SMK is not only theoretical but there is practical learning, where practical learning is more emphasized for students to master.
This research is an experimental research using the Quasi Experiment Design method type Non Equivalent Pre-test Posttest. Quasi Experiment Design method type Non Equivalent Pretest Posttest Design with observation design carried out twice, namely before the experiment and after the experiment.
Keywords: Learning Outcomes, Micrometer, Quasi Experiment