Industri hiburan saat ini telah menjadi salah satu gaya hidup bagi masyarakat khususnya bagi mereka yang tinggal di kota besar. Film adalah salah satu industri hiburan yang sudah mengalami berbagai macam perubahan di setiap zaman. Perkembangan teknologi saat ini pun telah membuat industri film berkembang dan memberikan hiburan yang terus membaik ke masyarakat luas. Adapun cara menikmati film secara online adalah dengan berlangganan layanan streaming video online yang sedang menjamur saat ini.
Maraknya layanan streaming video online didasari oleh ketidakpuasan atas terbatasnya hal yang ditawarkan atau yang ada di bioskop hari ini. Tidak adanya iklan, tidak terbatasnya media untuk mengakses, tanpa adanya batasan waktu, konten yang lebih beragam adalah beberapa alasan mengapa penonton lebih memilih untuk menonton film melalui layanan video streaming online dibandingkan bioskop.
Populasi dalam penelitian ini adalah penonton yang belum pernah berlangganan Netflix namun pernah berlangganan layanan streaming lain dengan sampel sebanyak 200 responden yang didapatkan melalui metode angket online google form. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan perceived usefulness terhadap purchase intention; terdapat pengaruh positif antara perceived ease of use terhadap purchase intention; terdapat pengaruh positif antara perceived price terhadap purchase intention.
Kata Kunci : persepsi manfaat, persepsi kegunaan, persepsi harga, niat beli, video streaming online.
The entertainment industry today has become one of the lifestyles for the community, especially for those who live in big cities. Film is one of the entertainment industries that has experienced various changes in every era. Current technological developments have made the film industry grow and provide entertainment that continues to improve to the wider community. The way to enjoy movies online is to subscribe to the online video streaming service that is currently booming.
The rise of online video streaming services is based on dissatisfaction with the limited things offered or those in theaters today. The absence of advertisements, unlimited media to access, without time constraints, more diverse content are several reasons why viewers prefer to watch movies through online video streaming services compared to cinemas.
The population in this study were viewers who had never subscribed to Netflix but had subscribed to other streaming services with a sample of 200 respondents obtained through the google form online questionnaire method. This type of research is quantitative research. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression which is processed using SPSS version 23. The results of this study indicate that there is no positive and significant effect of perceived usefulness on purchase intention; there is a positive influence between perceived ease of use on purchase intention; there is a positive influence between perceived price on purchase intention.
Keywords: perceived usefulness, perceived ease of use, perceived price, purchase intention, online video streaming.