Pemilihan E-commerce Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Topsis Intuisionistik
Selection Of Best E-commerce Using Intuisionistic Fuzzy Topsis Method
Era teknologi saat ini memiliki kemajuan yang pesat sehingga membawa perubahan dalam segala bidang menjadi serba digital. Imbas dari kemajuan teknologi tersebut terjadi juga pada transaksi bisnis. E-commerce sebagai media traksaksi jual dan beli dalam bentuk digital. E-commerce yang digunakan pada penelitian ini yaitu e-commerce dengan jenis Bussiness to Customer (B2C). Banyaknya e-commerce yang didirikan terkadang membuat konsumen bimbang dalam memilih e-commerce dengan kualitas yang baik. Pemilihan e-commerce terbaik pada penelitian ini menggunakan empat e-commerce, yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak. Empat e-commerce yang dipilih berdasarkan best e-commerce in indonesia yang kemudian dilakukan penelitian pendahuluan dengan target responden warga Surabaya. Pada pemilihan e-commerce terbaik dinilai berdasarkan sepuluh kriteria e-commerce yang baik yaitu kualitas aplikasi, kevariasian produk, kelengkapan deskripsi, harga, variasi metode pembayaran, variasi metode pengiriman, kesesuaian barang dengan gambar, kecepatan dalam membalas pertanyaan customer, ketepatan waktu dalam pengemasan produk, loyalitas kepada customer. Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui cara penentuan bobot kriteria dan mengetahui penerapan Fuzzy Topsis Intusionistik dalam pemilihan e-commerce terbaik serta mengetahui hasil penerapan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan Fuzzy Topsis Intusionistik untuk pemilihan e-commerce terbaik. Hasil dari perhitungan pemilihan e-commerce terbaik menggunakan metode Fuzzy Topsis Intuisionistik didapat rekomendasi tentang e-commerce terbaik dengan penilaian sebesar (0.899439594851584) yaitu pada Shopee.
The current technological era has rapid progress so as to bring change in all fields to become all-digital. The impact of these technological advances also occurs in business transactions. E-commerce is a media of buying and selling transactions in digital form. E-commerce used in this study is e-commerce with the type of Business to Customer (B2C). The number of e-commerce established sometimes makes consumers waver in choosing e-commerce with good quality. The selection of the best e-commerce in this study uses four e-commerce sites, namely Tokopedia, Shopee, Lazada, and Bukalapak. Four e-commerce sites were selected based on the best e-commerce sites in Indonesia which were then carried out preliminary research with the target respondents of Surabaya residents. In the selection of the best e-commerce rated based on ten good e-commerce criteria namely application quality, product variety, completeness of description, price, variation of payment methods, variation of shipping methods, suitability of goods with pictures, speed in replying to customer questions, timeliness in packaging product, loyalty to the customer. The purpose of this study is to be able to find out how to determine the weighting of criteria and to know the application of Fuzzy Topsis Intusionistik to each criterion in the Selection of the Best E-commerce and to know the results of the application of a Decision Support System (SPK) using Fuzzy Topsis Intusionistik for the Best E-commerce Selection. The results of the calculation of the selection of the best e-commerce using the Fuzzy Topsis Intuitionistic method obtained recommendations about the best e-commerce with an assessment of (0.899439594851584) on Shopee.