Pada era globalisasi yang semakin maju dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan begitu manusia dituntut untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Upaya tersebut dengan melalui pendidikan. Dimana pendidikan ini sudah diperbarui dengan kurikulum 2013 yang didalam pembelajaran harus menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran kartu Make A Match ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan kartu Make A Match, kelayakan media pembe;lajaran, respon siswa terhadap media yang dikembangkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan ini menggunakan mpdel pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implementation-Evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Teknil pengumpulan data ini menggunakan angket terbuka dan angket tertutup dimana angket terbuka menghasilkan data kualitatif yang berupa telaah para ahli. Sedangkat angket tertutup menghasilkan data kuantitatif berupa validasi para ahli dan uji coba terbatas. Hasil skor validasi oleh ahli diperoleh berdasarkan menurut skala Likert, sedangkan uji coba terbatas menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi dengan rata-rata presentase 80% berkategori “Layak” dan hasil penilaian validasi oleh ahli media dengan rata-rata presentase 83% berkategori “Layak”. Hasil belajar siswa meningkat dari 5% menjadi 75% dari penilaian yang dilakukan dengan pretest dan posttest. Respon siswa dengan rata-rata presentase yang diperoleh 90% berkategori “sangat baik”. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran Kartu Make A Match layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X MIPA SMA Negeri 1 Arosbaya.
Kata Kunci : Pengembangan media pembelajaran kartu Make A Match, hasil belajar
The era of globalization which is increasingly advanced in terms of science and technology, so humans are required to improve their quality of life. This effort is through education. Where this education has been updated with the 2013 curriculum which in learning must use creative and innovative learning media. Learning using the Make A Match card learning media has the purpose of improving student learning outcomes. The purpose of this study was to produce the product of Make A Match cards, the feasibility of learning media, students' responses to the media developed and improving student learning outcomes. This development model uses the ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implementation-Evaluation) development mpdel developed by Reiser and Mollenda. The technical data collection uses open questionnaires and closed questionnaires where open questionnaires produce qualitative data in the form of expert review. A series of closed questionnaires produced quantitative data in the form of expert validation and limited trials. The results of the validation scores by experts were obtained based on the Likert scale, while the limited trials used the Guttman scale. The results showed that the results of material expert validation with an average percentage of 80% were categorized as "Eligible" and the results of validation assessments by media experts with an average percentage of 83% were "Eligible". Student learning outcomes increased from 5% to 75% from the assessment carried out by the pretest and posttest. Students' responses to the average percentage obtained by 90% are categorized as "very good". Thus the development of the Make A Match Card learning media is worthy of being used as a learning media for the X MIPA class of Arosbaya 1 High School.
Keywords: Development Of Make A Match Card Learning Media, Learning Outcomes