Menurut Juel (1988), membaca adalah suatu proses untuk mengetahui dan mengintegrasikan arti dari kata di dalam kalimat dengan susunan bacaan. Adapun pengertian mengajar membaca adalah sebuah prosess dari teks bacaan di dalam kelas yang mana dapat meningkatkan interaksi dalam kelas diantara guru dan siswa. Studi tentang pertanyaan guru sering diadakan, khususnya studi tentang pembelajaran di dalam kelas dan studi tentang pertanyaan guru.Walaupun demikian, studi tentang jenis pertanyaan guru terhadap interaksi di konteks akademik masih penting untuk diteliti. Banyak dari studi sebelumnya menunjukkan bahwa pertanyaan guru dapat mempengaruhi partisipasi siswa saat di dalam kelas. Namun, beberapa studi diatas tidak menjelaskan pengaruh dari interaksi yang biasanya digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini diadakan untuk menyelidiki tentang pertanyaan guru secara lisan dan tingkah laku guru saat memberikan pertanyaan terhadap interaksi didalam kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari studi ini adalah satu guru yang mengajar membaca intensif dan siswa di kelas membaca intensif. Data utama dari studi ini berupa pertanyaan guru beserta interaksi yang terjadi antara guru dan siswa individu, guru dan kelompok siswa, serta interaksi antara siswa dan kelompok siswa yang lain. Data tersebut dikumpulkan melalui observasi di kelas membaca intensif. Kemudian, peneliti akan mengklasifikasikan, menganalisis, dan malaporkan dalam bentuk deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis pertanyaan guru tingkat rendah dan tinggi sangat berpengaruh terhadap interaksi dalam kelas.. Pertanyaan kognitif tingkat rendah dapat mengaktifkan pembelajaran dan membantu siswa untuk menyiapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenis pertanyaan tersebut dapat menambah interaksi antara guru dengan seluruh siswa, guru dengan siswa secara individu dan siswa dengan kelompok siswa. Adapun sebaliknya, pertanyaan kognitif tingkat tinggi dapat mempertajam dan melatih kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Data menunjukkan bahwa pertanyaan tingkat tinggi dapat menambah interaksi antara guru dengan seluruh siswa serta siswa dengan kelompok siswa.
Demikian dapat disimpulkan bahwa pertanyaan guru berperan penting dan berpengaruh didalam proses pembelajaran di dalam kelas membaca intensif.
According to Juel (1988), reading is a process to know the words and integrate the meaning of words in sentences and the reading structures. Moreover, teaching reading is the process of reading text in English classroom which can improve classroom interaction between teacher and students. Some studies of teacher’s questioning were often conducted, especially the study of classroom teaching or questioning. However, the study about types of teacher’s questioning on classroom interaction in the academic context is still worth to be investigated. Most of previous study showed that teacher questioning can influence students’ participation in the classroom, however, those studies did not explain what types of the questions which can influence classroom interaction. Therefore, this study conducted to investigate the extent of verbal teacher’s questioning on the classroom interaction in intensive reading classroom.
This study used qualitative research as the research design. The subjects of this study were one of the teachers who teach reading and students in intensive reading classroom. The main data of the study were verbal teacher’s questioning types and the interaction between teacher to student individually, teacher to whole students, and student to students. It collected through observation in intensive reading classroom. Then, the researcher classified, analyzed, and reported in a descriptive way.
The result of this study showed that both lower and higher cognitive questions types can strongly influence classroom interaction. The lower cognitive questions can activate the lesson and help students to prepare in the higher cognitive thinking skills. Those types of questions can contribute the interaction between teacher to whole students, teacher to a student and student to students. Meanwhile, the higher cognitive questions types asked students’ to sharpen and train their critical thinking skills. The data showed that the higher cognitive question contributed the interaction between teacher to whole students, and student to students.
Therefore, it can be concluded that both of teacher’s questioning played an important roles and influenced in teaching and learning process of intensive reading classroom.
Keywords: Teacher's Questioning, Intensive Reading, Classroom Interaction