PENGARUH CONTENT MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (STUDI PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @SHOPEE_ID)
THE INFLUENCE OF CONTENT MARKETING AND ONLINE CUSTOMER REVIEWS ON ONLINE PURCHASING DECISIONS (STUDY ON FOLLOWERS OF @SHOPEE_ID INSTAGRAM ACCOUNTS)
Keputusan Pembelian Online merupakan suatu langkah terakhir dalam proses evaluasi dan seleksi dimana konsumen melalui berbagai pertimbangan sebelum membeli suatu produk secara online. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online adalah content marketing dan online customer review. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian online pada Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah responden 100. Penyebaran kuisioner dilakukan secara online dengan pengukuran jawaban menggunakan skala likert lima jenjang. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik content marketing maupun online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online, dengan online customer review berpengaruh lebih besar dibandingkan content marketing.
Online Purchasing Decision is the last step in the evaluation and selection process where consumers go through various considerations before buying a product online. Several factors that influence online purchasing decisions are content marketing and online customer reviews. This study aims to analyze the effect of content marketing and online customer reviews on online purchasing decisions at Shopee. This research is quantitative research. The sampling technique used was purposive sampling with 100 respondents. The questionnaire distribution was carried out online with the measurement of answers using a five-level Likert scale. The statistical analysis used is multiple linear regression analysis with SPSS software version 25. The results showed that both content marketing and online customer reviews have a significant influence on online purchasing decisions, with online customer reviews having a greater influence than content marketing.