pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional siswa SDN JOKETRO 1 KEC. PARANG, KAB. MAGETAN
ABSTRAK
Pramudyanto,Yuddy. 2022. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Dan Kecerdasan Emosional Siswa SDN Joketro 1 Kec. Parang, Kab. Magetan.Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Advendi Kristiandaru, S.Pd., M.Pd. (II) Dr. Nur Ahmad Arief, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Permainan tradisional, Kebugaran jasmani
Kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional anak mempunyai peran penting terhadap kemampuan anak menjalankan kehidupan sehari-hari. Kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional anak berkaitan dengan kemampuan anak dalam beraktivitas Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap Kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional siswa di SDN Joketro 1 Kec. Parang Kab. Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian praeksperimen dengan metode one group pretest-posttes design. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas 4,5 dan 6 SDN Joketro 1. Treatment yang diberikan kepada sampel adalah permainan Gobak sodor dan Kasti. Instrumen yang digunakan untuk mengukur Kebugaran jasmani menggunakan Test TKJI usia 10-12 tahun, Sedangkan untuk kecerdasann emosional menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data menggunakan paired sampel t test dengan bantuan SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas atas di SDN Joketro 1 Kab. Magetan, diketahui besar nilai sig 0.000 < 0.05, maka H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa. Sementara untuk hasil uji t variabel kecerdasan emosional diperoleh r nilai sig. 0.000 < 0.05, dapat dikatakan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap kecerdasan emosional siswa. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani terhadap kecerdasan emosi adalah dengan melihat hasil Sig. 0.276 > 0.05, yang berarti tidak ada pengaruh antara kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional. Sedangkan hasil penghitungan N-Gain Skore kebugaran jasmani = 0.22 termasuk kategori rendah dan nilai skor tafsiran adala 21.58 dengan arti tidak efektif efektif. Sedangkan N-Gain kecerdasan emosional siswa = 0.07 termasuk kategori rendah dan nilai skor tafsiran adala 7.27 dengan arti tidak efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional yang diberikan tidak efektif dalam meningkatkan kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional siswa.
ABSTRACT
Pramudyanto, Yuddy. 2022. The Influence of Traditional Games on Physical Fitness and Emotional Intelligence of Students at SDN Joketro 1 Kec. Parang, Kab. Magetan. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisors: (I) Dr. Advendi Kristiandaru, S.Pd., M.Pd. (II) Dr. Nur Ahmad Arief, S.Pd., M.Pd
keywords: Traditional games, Physical fitness
Children's physical fitness and emotional intelligence have an important role in the child's ability to carry out daily life. Children's physical fitness and emotional intelligence are related to children's ability to do activities. The aim of the study was to determine the effect of traditional games on the physical fitness and emotional intelligence of students at SDN Joketro 1 Kec. Parang Regency. Magetan.
This study used a quantitative approach and a pre-experimental research design with the one group pretest-posttest design method. The sample in this study were 40 students in grades 4, 5 and 6 of SDN Joketro 1. The treatment given to the sample was a game of Gobak Sodor and Kasti. The instrument used to measure physical fitness uses the TKJI Test for ages 10-12 years, while for emotional intelligence uses a questionnaire instrument. Data analysis technique using paired sample t test with the help of SPSS.
Based on the results of research on upper class students at SDN Joketro 1 Kab. Magetan, it is known that the sig value is 0.000 <0.05, then H1 is accepted, which means that there is an influence of traditional games on students' physical fitness. Meanwhile, for the t test results for the emotional intelligence variable, the r value is sig. 0.000 <0.05, it can be said that there is an influence of traditional games on students' emotional intelligence. Furthermore, to determine the effect of physical fitness on emotional intelligence is to look at the results of Sig. 0.276 > 0.05, which means there is no influence between physical fitness and emotional intelligence. While the results of calculating the N-Gain Score of physical fitness = 0.22 is included in the low category and the value of the interpretation score is 21.58 which means it is not effective. While the N-Gain of students' emotional intelligence = 0.07 is included in the low category and the value of the interpretation score is 7.27 which means it is not effective. From these results it can be concluded that the application of traditional games is not effective in increasing the physical fitness and emotional intelligence of students