Saat ini, perkembangan internet telah menjadikan sebagai suatu kebutuhan. Begitu banyak sesuatu hal baru yang timbul dari adanya perkembangan internet, salah satunya yaitu pembelian atau belanja barang dan jasa secara online. Dengan adanya online shop konsumen diharuskan untuk lebih pintar dalam melakukan proses pembelian serta transaksi. Berbagai online shop telah banyak bermunculan terutama pada Forum Jual Beli Kaskus, dimana dalam Forum Jual Beli seperti pada Kaskus konsumennya percaya pada produk yang telah diberikan serta banyak pilihan terhadap produk yang akan dipilihnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini mengangkat Faktor Faktor Yang Mendasari Kepercayaan Konsumen Pada Forum Jual Beli Kaskus yang berdasarkan dari teori social commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang mendasari kepercayaan konsumen pada forum jual beli Kaskus. Peneliti mengunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian berjenis eksplanatori. Dengan meneliti serta menguji suatu teori atau hipotesis untuk memberikan penjelasan antar variabel yang ada, serta dalam pengujian data dibantu dengan aplikasi SPSS. Hasil yang didapat adalah dari beberapa faktor yang ada seperti Recommendations and Referrals, Ratings and Reviews dan Forum and Communities yang dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen pada Forum Jual Beli Kaskus yaitu Recommendations and Referrals, dan Ratings and Reviews, sedangkan untuk Forum and communities tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Kata kunci: Online Shopping, Social Commerce, Forum Jual Beli Kaskus.
Today, the development of the internet has made it a necessity. So many new things arise from the development of the internet, one of which is the purchase or shopping of goods and services online. With the online shop, consumers are required to be smarter in the process of purchasing and transactions. Various online shops have sprung up especially at the Kaskus Buying and Selling Forum, where in this Buy and Sell Forum consumers are given a large selection of products to choose from and also whether consumers can trust the product. Therefore, in this study raised the Factors Underlying Consumer Confidence in the Kaskus Buy and Sell Forum based on social commerce theory. This study aims to find out what factors underlie consumer trust in the Kaskus buying and selling forum. Researchers use research methods with quantitative approaches and types of explanatory type research. By researching and testing a theory or hypothesis to provide an explanation of the variables that exist, and in testing the data assisted with the SPSS application. The results obtained are from several existing factors such as Recommendations and Referrals, Ratings and Reviews and Forum and Communities which can significantly influence consumer confidence in the Kaskus Buy and Sell Forum namely Recommendations and Referrals, and Ratings and Reviews, whereas for Forum and communities there is no significant effect on consumer trust. Keywords: Online Shopping, Social Commerce, Kaskus Buying and Selling Forum.