STRATEGI KOMUNITAS SUPORTER BONEK UNESA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DI MASYARAKAT
STRATEGY OF BONEK UNESA SUPPORTER COMMUNITY IN BUILDING A POSITIVE IMAGE IN SOCIETY
Nama : Novi Amelia
NIM : 20040254026
Program Studi : S1 PPKn
Jurusan : PMP-KN
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hj. Rr Nanik Setyowati, MSi
Selama ini, Bonek Mania dikenal sebagai suporter fanatik yang memiliki citra buruk akibat kerusuhan dan tindak kekerasan. Namun ditengah-tengah hal tersebut, komunitas Bonek yang berada di lingkungan Universitas Negeri Surabaya atau disebut dengan Bonek Unesa berusaha untuk membangun citra positif di masyarakat melalui program- programnya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui program-program yang dilakukan oleh komunitas suporter Bonek Unesa dalam membangun citra positif di masyarakat. Selain itu, penelitian ini bermaksud menjelaskan strategi yang dilakukan oleh komunitas suporter Bonek Unesa dalam membangun citra positif di masyarakat. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus telah digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara untuk menjawab dua tujuan penelitian.
Penelitian ini menemukan bahwa Bonek Unesa memiliki program aksi sosial dan program akademis untuk membangun citra positif citra Bonek Unesa Strategi yang digunakan yakni strategi capacity building, membangun identitas komunitas, dan pemanfaatan media sosial. Dengan menerapkan manajemen strategi dari Hunger dan Wheleen, Bonek Unesa mampu melakukan pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini telah memberikan rekomendasi praktis bagi komunitas lain untuk mengadopsi strategi yang telah diterapkan Bonek Unesa dalam membangun citra yang positif di masyarakat.
Kata Kunci: Strategi, Bonek Unesa, Citra Positif
Name : Novi Amelia
Study Program : S1 PPKn
Departement : PMP-KN
Faculty : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Nama of Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Hj. Rr Nanik Setyowati, MSi.
Bonek Mania has long been known as a fanatic supporter group with a bad image due to riots and acts of violence. However, amidst this reputation, the Bonek community within the Surabaya State University, known as Bonek Unesa, strives to build a positive image in society through its programs. This study aims to explain the strategies used by the Bonek Unesa supporter community to build a positive image in society. Additionally, this research intends to identify the programs carried out by the Bonek Unesa supporter community to enhance their positive image. A qualitative method with a case study approach was used in this research. Data collection techniques included observations and interviews to answer the two research objectives.
The study found that Bonek Unesa has social action programs and academic programs designed to foster a positive image of Bonek Unesa. The strategies utilized include capacity building, community identity development, and the use of social media. By applying the management strategic model by Hunger and Wheleen, Bonek Unesa successfully conducted environmental observation, strategy formulation, implementation, and evaluation. This research provides practical recommendations for other communities to adopt the strategies implemented by Bonek Unesa in building a positive image in society.
Keywords: Strategy, Bonek Unesa, Positive Image