PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai inovator pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah studi kepustakaan. Data dikumpulkan dengan mempelajari teks dan hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang dikumpulkan diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif di analisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, menarik kesimpulan dan saran berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, kepala sekolah memegang peranan penting untuk menciptakan perubahan di lingkungan sekolahnya, terutama pada aspek peningkatkan profesionalisme guru. Kedua, kepala sekolah memberikan inovasi kepada guru dengan memberikan contoh keteladanan baik, menjalin hubungan harmonis, mengembangkan model pembelajaran inovatif dan memberdayakan guru melalui pelatihan, workshop, KKG, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) serta memberikan dorongan guru untuk melakukan studi lanjut. Ketiga, tindakan kepala sekolah sebagai inovator pendidikan tercermin melalui pekerjaan (1) konstruktif, dengan melakukan pembinaan kepada tenaga pendidikan; (2) kreatif, mengembangkan gagasan baru; (3) delegatif, mendelegasikan tugas kepada tenaga pendidik sesuai jabatan, tugas & keterampilan; (4) integratif, mengintegrasikan seluruh kegiatan sekolah; (5) rasional dan objektif; (6) pragrmatis , menetapkan kegiatan dan target sesuai kemampuan tenaga pendidik; (7) keteladanan; (8) adaptable dan fleksibel.
Kata Kunci: kepala sekolah sebagai inovator pendidikan, profesionalisme guru
:The purpose of writing this scientific article is to know, explain and analyze the role of school principal’s as educational innovators in improving teacher professionalism. This method of writing scientific articles uses literature studies. Data is collected through texts studies and relevant research results. Data analysis is done by step ; first, the collected data is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, qualitatively reviewed data are analyzed using content analysis. Third, based on the results of data analysis and interpretation. The results, showed that. First, the principal plays an important role in creating changes in the school environtment, expecially in the aspect of increasing teacher professionalism. Second, principals provide innovation to teachers by setting good examples, establishing, harmonious relationships, developing innovative learning models and empowering teachers through training, workshops, KKG, MGMP ( Subject Teacher Consultations) as well as encouraging teachers to carry out firther studies. Third, the actions of school principals as educational innovators are reflected through (1) constructive work, by providing guidance to educational staff (2) creative, develop new ideas ; (3) delegative, delegating tasks to educators according to possitions, duties & skills (4) integrative , integrating all school activities (5) rational and objective (6) pragmatic, setting activities and targets according to the ability of educators (7) exemplary (8) adaptable and flexible
Keywords: Principals education as inovator, teacher professionalism