ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP LAYANAN PRIMER OBJEK WISATA PANTAI WATU KARUNG KABUPATEN PACITAN
ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION WITH PRIMARY TOURIST ATTRACTION SERVICES AT WATU KARUNG BEACH IN PACITAN REGENCY
Pantai Watu Karung merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pacitan dengan jumlah kunjungan wisata terbanyak ke lima dengan jumlah kunjungan 116.205 jiwa. Hal ini menunjukan bahwa objek wisata ini mampu bersaing dengan objek wisata yang lain. Dengan adanya pembaruan terkait atraksi, aksesibilitas, dan fasilitas wisata Pantai Watu Karung akan memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan. Oleh karena itu, layanan primer objek wisata Pantai Watu Karung terus dikembangkan sehingga kepuasan wisatawan mengalami peningkatan dan menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan wisatawan terhadap atraksi, aksesibilitas, dan fasilitas wisata Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini berlokasi di Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke objek wisata Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan. Pengambilan sampel yang diguanakan didalam penelitian ini merupakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik Accidental Sampling, dan jumlah responden yang diterima pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Pengukuran instrumen penelitian menggunakan skala likert, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman.
Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang kuat antara variabel saat diuji menggunakan uji korelasi rank spearman yakni (rsp= 0,505) untuk hubungan antara atraksi wisata menurut wisatawan Pantai Watu Karung, (rsp= 0,526) untuk hubungan aksesbilitias menurut wisatawan Pantai Watu Karung, (rsp= 0,607) untuk hubungan fasilitas menururt kepuasan wisatawan Pantai Watu Karung. Berdasarkan pengujian tersebut menunjukan bahwa layanan primer objek wisata Pantai Watu Karung memiliki hubungan dengan arah yang positif terhadap dan mempengaruhi kepuasan wisatawan.
Kata kunci: Atraksi, Aksesbilitas, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan
Watu Karung Beach is one of the leading tourist destinations in Pacitan Regency with the fifth highest number of tourist visits with 116,205 visits. This shows that this tourist attraction is able to compete with other tourist attractions. With updates related to attractions, accessibility, and tourist facilities, Watu Karung Beach will provide satisfaction for tourists. Therefore, the primary service of the Watu Karung Beach tourist attraction continues to be developed so that tourist satisfaction increases and fosters tourist interest in visiting. The purpose of this study was to analyze tourist satisfaction with the primary services of Watu Karung Beach tourist attraction, Pacitan Regency.
This type of research uses a descriptive quantitative approach. The object of this research is located at Watu Karung Beach, Pacitan Regency. The population in this study were tourists who were visiting the tourist attraction Watu Karung Beach, Pacitan Regency. The sampling used in this study is a Nonprobability Sampling method with Accidental Sampling technique, and the number of respondents received in this study amounted to 100 respondents. Data collection was carried out by means of observation, questionnaires, and documentation. Measurement of research instruments using a Likert scale, while for data analysis techniques using the Spearman rank correlation test.
This study shows that there is a moderate to strong relationship or correlation between variables when tested using the Spearman rank correlation test, namely (rsp = 0.505) for the relationship between tourist attractions according to Watu Karung Beach tourists, (rsp = 0.526) for the relationship between accessibility according to Watu Karung Beach tourists, (rsp = 0.607) for the relationship between facilities and tourist satisfaction at Watu Karung Beach. Based on these tests, it shows that the primary service of Watu Karung Beach tourist attraction has a relationship with a positive direction towards tourist satisfaction.
Keywords: Attraction, Accessibility, Facility, Tourist Satisfaction