ABSTRAK
Centrum, Suryawati Rizqi. 2018. Pengembangan Metode CST (Communicative Swimming Training) Untuk Mengatasi Phobia Air Pada Anak Usia Dini. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Anung Priambodo, M.Psi. T., dan (II) Dr. Agus Hariyanto, M. Kes.
Kata kunci: Communicative, Swimming ,phobia air, usia dini.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah komunikasi yang biasa terjadi antara pelatih renang dan peserta didik kemudian dituangkan menjadi sebuah metode atau tata cara yang dapat digunakan untuk mengatasi phobia air pada anak usia dini yaitu metode CST (Communicative Swimming Training). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan sigle subjek yang dipadu dengan model penelitian pengembangan. Pada penelitian ini metode CST yang akan digunakan divalidasi terlebih dahulu kepada ahli renang, ahli psikomotor dan ahli anak usia dini. Untuk mengidentifikasi anak yang mengalami phobia air diberikan angket phobia yang divalidasi terlebih dahulu oleh ahli psikomotor dan angket tersebut diisi oleh orangtua, guru, atau orang sekitar dengan cara mengamati tingkah laku anak phobia air.
Metode CST memiliki 11 tahapan atau langkah-langkah yang bisa di ikuti untuk mengatasi phobia air pada anak usia dini. Metode ini diberikan dengan cara komunikatif dalam bentuk merayu, menggunakan kata-kata yang baik, tegas dan diiringin dengan tehnik-tehnik berenang dasar untuk digunakan pada anak yang mengalami phobia air. Keefektifan metode ini dibuktikan dengan adanya penurunan angka presentase jumlah data pada subjek I terjadi penurunan sebesar 39% dan pada subjek II terjadi penurunan sebesar 42% yang diambil dari selisih data sebelum dan sesudah uji coba. Hal ini membuktikan bahwa metode ini bisa mengurangi phobia air yang dialami oleh anak usia dini dan metode ini lebih efektif dilakukan pada usia dini karena emosional pada anak usia dini masih bisa diatur daripada usia pra remaja atau sekitar 9 tahun ke atas.Perlunya pengulangan perlakuan yang peneliti berikan guna mempercepat penyembuhan phobia air yang terjadi pada si anak dan jangan lupa selalu perhatikan kondisi kesehatan anak yang mengalami phobia air.
ABSTRACT
Centrum, Suryawati Rizqi., 2018. Development of CST (communicative Swimming Training) methods to overcome water phobia in early childhood. Thesis, sports education study programs. Postgraduate Program in Surabaya state university. Supervisor (1) Dr. Anung Priambodo, M.Psi. T., dan (II) Dr. Agus Hariyanto, M. Kes.
Keywords: Communicative, Swimming, Water phobia, Early age.
This study aims to develop a common communication between swimming trainers and students then poured into a method or procedure that can be used to overcome water phobia in early childhood, namely CST (communicative Swimming Training) method. This study uses descriptive analysis and single subject combined with the development research model. In this study the CST method that will be used is validated beforehand for swimming experts, psychomotor experts and early childhood experts. To identify children who have water phobia given a phobia questionnaire that is validated first by psychomotor experts and the questionnaire is filled by parents, teachers, or people around by observing the behavior of children phobia water.
CST method has 11 steps or steps that can be followed to overcome water phobia in early childhood. This method is given in a communicative manner in the form of seduction, using good words, firm and accompanied by basic swimming techniques to be used in children who experience water phobias. The effectiveness of this method is evidenced by the decrease in the percentage percentage of the amount of data in the subject I decreased by 39% and on the subject II there was a decrease of 42% taken from the difference between the data before and after the trial. This proves that this method can reduce water phobia experienced by early childhood and this method is more effective at an early age because emotional in early childhood can still be regulated than the age of pre-adolescence or about 9 years and above. The need for repetition of treatment that researchers provide to accelerate the healing of water phobias experienced by the child and do not forget to always pay attention to the health conditions of children who experience water phobia.