Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI SMAN 3 Surabaya. Berdasarkan permasalahan yang diteliti tentang perencanaan karir siswa yang rendah disebabkan oleh siswa belum mengetahui kepribadiannya, bakat-minat, serta kurangnya pengetahuan tentang program studi lanjut dan jenis-jenis karir. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan one group pre-test and post-test design dengan menggunakan angket yang telah divalidasi sebagai alat pengumpulan data.
Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas XI di SMAN 3 Surabaya yang memiliki skor perencanaan karir rendah. Hasil rata-rata subjek pretest yaitu 105 dengan jumlah keseluruhan 627 dikategorikan ke dalam kategori rendah dan hasil rata-rata posttest yaitu 135 dengan jumlah keseluruhan 808 dikategorikan ke dalam kategori sedang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada perbedaan nilai antara pretest dan posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan perencanaan karir siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir
The aim of this study is to improve student career planning by arrange a group counseling services and using discussion technique in class in 11th students of SMAN 3 Surabaya. Based on the problems studied about low student career planning caused by student still not understanding their personality, excess lack, talents, and lack of knowledge about advanced study programs and types of career. The writer is use quantitative research method and “one group pre-test and post-test” experiment design are specifically used in this research. Furthermore, the writer using validated questionare as data collection tool.
The subject of this study are six students of class XI SMAN 3 Surabaya with low percentage on career planning score. The average results of pretest subjects is 105 with total number 627 categorized into the low category and average result of posttest subjects is 135 with total number 808 categorized into the medium category. This study use Wilcoxon test method by using non parametric statistical data analysis techniques. In this study, the writer acquire score for 0,028 on Asymp.Sig. (2-tailed). In the provisions of α (level of error) of 5% then 0.028 <0.05 it can be concluded that the hypothesis of this study is appropriate and there are differences in scoring between pretest and posttest. The writer concluded that there is good implementation in improvement of career planning to subject of this study and expected this program continously to use for expand career potency of their student.
Keywords : Group Discussion, Discussion Technique, Career Planning