Desain Aktivitas Pembelajaran Nilai Tempat Berbasis RME Dengan Model PBL Melalui Media Kancing di Kelas 2 SD
Design of Place Value Learning Activities RME Based With PBL Model Through Button Media in 2nd Class of Primary School
RME merupakan suatu pendekatan belajar dengan melibatkan keaktifan siswa untuk membangun pengetahuan matematikanya yang dikaitkan pada kehidupan nyata. Pendekatan RME memiliki keterkaitan dengan model PBL yang dapat dilihat dari adaptasi masalah kontekstual dalam perancangan kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan pendekatan RME dan model PBL selalu diawali dengan mengorientasikan siswa dengan masalah kontekstual, serta memanfaatkan benda di kehidupan sehari-hari yang dapat mewakili masalah kontekstual tersebut. Kebutuhan penerapan kegiatan pembelajaran ini tidak sejalan dengan kenyataan yang terjadi di SDN Pakis I / 368 Surabaya dimana masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi nilai tempat. Dari permasalahan tersebut, diperlukan lintasan belajar yang mengadaptasi RME dengan model PBL melalui media kontekstual yang mampu melibatkan keaktifan siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya hingga mencapai konsep nilai tempat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) mengetahui desain aktivitas pembelajaran nilai tempat berbasis RME dengan model PBL melalui media kancing pada kelas 2 SD; 2) mengetahui respon kognitif siswa terhadap pembelajaran nilai tempat berbasis RME dengan model PBL melalui media kancing pada kelas 2 SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas 2C pada tahap pilot experiment, serta seluruh siswa kelas 2B pada tahap teaching experiment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan perekaman aktivitas pembelajaran. Hasil dari penelitian ini berupa HLT khususnya materi nilai tempat yang mengadaptasi RME dengan model PBL melalui media kancing untuk kelas 2 SD.
Kata Kunci: RME, PBL, Media Kontekstual, Nilai Tempat
RME is a learning approach that involves students being active in building their mathematical knowledge which is linked to real life. The RME approach is related to the PBL model which can be seen from the adaptation of contextual problems in designing learning activities. Utilizing the RME approach and PBL model always begins with orienting students with contextual problems, as well as using objects in everyday life that can represent these contextual problems. The need to implement this learning activity is not in line with the reality that occurs at SDN Pakis I / 368 Surabaya where there are still students who have difficulty understanding the concept of place value material. Based on these problems, a learning trajectory is needed that adapts RME to the PBL model through contextual media that is able to involve students' activity in building their own knowledge until they reach the concept of place value. Therefore, this research was carried out with the aim of: 1) knowing the design of RME-based place value learning activities using the PBL model via button media in grade 2 elementary school; 2) determine students' cognitive responses to RME-based place value learning with the PBL model via button media in grade 2 elementary school. The method used in this research is design research with research subjects of 6 class 2C students at the pilot experiment stage, as well as all class 2B students at the teaching experiment stage. Data collection techniques are carried out through observation, interviews and recording learning activities. The results of this research are in the form of HLT, especially place value material which adapts RME to the PBL model through button media for grade 2 elementary school.
Keywords: RME, PBL, Contectual Media, Place Value