ABSTRAK
PE NGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN E- LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI
SARANA DAN PRASARANA UNTUK SISWA KELAS XI APK
3 DI SMK PGRI 13 SURABAYA
Nama :
Arrika Febby Suci Deandan Sari
NIM :
140803140 17
Program Studi : Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan :
Pendidikan Ekonomi
Fakultas :
Ekonomi
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Meylia
Elizabeth Ranu, S.Pd, M.SM
Penelitian pengembangan ini
bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media, kelayakan media, serta
respons siswa terhadap media pembelajaran e-learning
menggunakan moodle pada
mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana untuk siswa kelas XI APK 3
di SMK PGRI 13 S urabaya . Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE,
yang terdiri dari tahap analysis, design,
development, implementation, evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah
15 siswa kelas XI APK 3 di SMK PGRI 13 S urabaya .
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media pembelajaran e-learning
menggunakan moodle pada
mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana dinyatakan kuat dari segi materi, dengan hasil presentase
kelayakan materi sebesar 80,23%. Berdasarkan presentase kelayakan media
diperoleh hasil sebesar 100,00% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Sehingga
diperoleh rata-rata presentase kelayakan media sebesar 90,11% yang dinyatakan
sangat layak. Berdasarkan analisis respons siswa diperoleh rata-rata presentase
sebesar 98% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Media pembelajaran yang
telah dikembangkan mendapat respons positif dan antusias dari siswa. Berdasarkan
seluruh presentase tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada mata pelajaran
administrasi sarana dan prasarana
sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, E-Learning, Moodle ,
Administrasi Sarana dan Prasarana