Analisis Kesalahan Penulisan そくおん dan ちょうおん Dalam Penulisan Kosakata がいらいご Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019
Kesalahan merupakan hal yang lumrah terjadi kepada pembelajar bahasa Asing, tak terkecuali dalam mempelajari bahasa Jepang. Faktor terjadinya kesalahan disebabkan beberapa hal, salah satunya yaitu karena strategi pembelajaran dan teknik pembelajaran yang kurang. Meskipun hal yang lumrah terjadi, namun apabila terus-menerus dilakukan tanpa adanya perbaikan, hal ini dapat menghambat siswa dalam memahami materi.
Dalam penelitian ini, peneliti menemukan banyak siswa memiliki kesalahan dalam keterampilan menulis. Hasilnya, keterampilan lainnya seperti membaca, menulis, dan berbicara terganggu. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti menganalisis kesalahan siswa dengan menentukan 3 rumusan masalah: (1) Kesalahan penulisan sokuon (2) Kesalahan penulisan chouon (3) Bagaimana siswa memahami konsonan ganda dan konsonan panjang dalam kosakata serapan. Hasilnya, total 12 orang siswa yang menuliskan kesalahan konsonan rangkap, 11 orang siswa menuliskan kesalahan vokal panjang, 15 orang menuliskan kesalahan kosakata serapan, dan sisanya tidak melakukan kesalahan apapun.
Dengan adanya penelitian ini bertujuan agar siswa dapat mengerti kesalahan yang dilakukannya, dan guru juga dapat mengerti kesulitan apa yang sedang dihadapi oleh siswanya. Sehingga kesalahan seperti ini dapat ditangani oleh guru dengan solusi yang tepat, supaya kedepannya siswa tidak melakukan kesalahan yang serupa.
Kata kunci : analisis kesalahan, sokuon, chouon, gairaigo.
Mistakes are common for foreign language learners including in learning Japanese. There are several factors that can cause these mistakes, one of which is the lack of learning strategies and learning techniques. Although this is a common thing, continuously making mistakes without any improvement can prevent students from understanding the subject. In this research, the researcher found that many students still have difficulties in writing skills. As a result, other skills such as reading, listening, and speaking became obstructed. So in this research, researchers analyzed students’ mistakes by determining the following three formulation of the problems : (1) The mistakes of writing sokuon (2) The mistakes of writing chouon (3) How students understanding geminate consonants and long sound in borrowed word. The result is, a total of 12 students made mistakes in double consonants, 11 students made mistakes in long vowels, 15 students made loanword errors, and the rest did not make any mistake. Therefore, this research is aimed for the students to understand the mistakes they have made, and the teachers can also understand the difficulties faced by their students. In hope for these kind of mistakes to be corrected immediately and handled with the right solution, so that in the future there will not be similar mistakes.
Keyword : analysis errors, sokuon, chouon, gairaigo