DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED MOBILE LEARNING LEARNING MEDIA ON NUMBER PATTERN MATERIALS
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini semakin pesat, salah satunya smartphone berbasis Android dimana telah banyak digunakan siswa dalam pembelajaran. Untuk memaksimalkan penggunaan smartphone berbasis Android dalam pembelajaran, dapat memanfaatkannya menjadi media pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang memanfaatkan smartphone yaitu pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi Pola Bilangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi Pola Bilangan dengan model ADDIE untuk menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas baik berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 9 siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi media pembelajaran, angket respon pengguna, dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan berkualitas baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria valid diperoleh dari rata-rata nilai validasi oleh validator pakar materi dan validator pakar media berturut-turut yakni 3,47 dan 3,60 dari nilai maksimal 4. Media pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil respon pengguna dalam menggunakan mobile learning menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 92,75%. Media pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan tes hasil belajar menunjukkan sebanyak 88,89% subjek ujicoba mendapat nilai (KKM).
Kata kunci : media pembelajaran, mobile learning, pengembangan, pola bilangan.
The development of information and communication technology (ICT) is currently growing rapidly, one of which is an Android-based smartphone which has been widely used by students in learning.To maximize the use of Android-based smartphones in learning, it can use as a learning media. One of the learning innovations that utilize Android-based smartphones is development Android-based mobile learning media on number pattern materials. The purpose of this study is to describe the process of developing Android-based mobile learning media on Number Patterns with the ADDIE model to produce good quality learning media based on the criteria of validity, practicality, and effectiveness. The trial subjects were 9 students of class VII MTs Negeri 2 Tulungagung with high, medium, and low mathematical abilities. This study used data collection instruments including learning media validation sheets, user response questionnaires, and learning test results. The result of this research was obtained that the learning media that has been developed is of good quality. Learning media have a valid criteria based on average validation value of the material experts validator and the media experts validator respectively 3.47 and 3.60 from the maximum value 4. Learning media have a practical criteria based on the results of user responses in using mobile learning that shows very good category with a percentage of 92,75%. The instructional media have a the effective criteria based on the student test which showed as many as 88,89% of the test subjects scored ≥75 (KKM).
Keywords : development, learning media, mobile learning, number patterns.