Analisis Fiqh Muamalah Terhadap Praktik Giveaway Bersyarat Dalam Akun Instagram @Giveaway.Oyi
Analysis Of Fiqh Muamalah On Conditional Giveaway Practices In @Giveaway.Oyi Instagram Accounts
Praktik giveaway mulai banyak dipakai oleh berbagai kalangan dari onlineshop di aplikasi instagram, akun personal untuk menjadi selebgram, akun official kantor atau komunitas dan lainnya. Tujuannya pun bervariasi ada yang untuk promosi produk baru, meningkatkan followers, dan meningkatkan insight instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akad yang dipakai dalam praktik giveaway bersyarat di akun instagram @Giveaway.Oyi menerapkan sistem giveaway yang melibatkan sponsor dan hadiah yang dibagikan adalah uang tunai dengan meminta pendapat kepada salah satu tokoh yang memahami ilmu fiqh muamalah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode field reseach dengan melakukan wawancara dan observasi kepada pihak terkait di dukung dengan data dokumentasi. Hasil penelitian ini membuka pemikiran kepada khususnya para pelaku terkait bahwa pelaksanaan praktik giveaway di akun instagram @Giveaway.Oyi menggunakan akad sewa jasa dan tidak terkandung unsur judi (maisir) selama pelaksaan praktik giveaway di akun instagram @Giveaway.Oyi berlangsung
The practice of giveaways has begun to be widely used by various groups, from online shops on the Instagram application, personal accounts to become celebrities, official office or community accounts and others. The goals also vary, some are for promoting new products, increasing followers, and increasing Instagram insights. This study aims to determine the contract used in the practice of conditional giveaways on the @Giveaway.Oyi Instagram account, implementing a giveaway system that involves sponsors and the prizes distributed are cash by asking for opinions from one of the figures who understand the science of fiqh muamalah. The data in this study were collected using the field research method by conducting interviews and observations to related parties, supported by documentation data. The results of this study open ideas to the relevant actors in particular that the implementation of the giveaway practice on the @Giveaway.Oyi Instagram account uses a service rental contract and does not contain elements of gambling (maisir) during the implementation of the giveaway practice on the @Giveaway.Oyi Instagram account.