Analisis Resepsi Army Nganjuk Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Gojek Versi Btx “It’s Okay to Be Lebay”
ARMY RECEPTION ANALYSIS ON THE CONTENTS OF MESSAGES IN GOJEK ADVERTISING BTX “IT’S OKAY TO BE LEBAY”
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana resepsi Army Nganjuk terhadap isi pesan pada iklan GOJEK Btx It’s Okay to Be Lebay, yang mempromosikan layanan baru mereka sesuai dengan protokol kesehatan. Serta ditujukan untuk penggemar KPOP terutama BTS atau Army di tengah masyarakat tradisional dan kurangnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan seperti Army Nganjuk, menjadi hal menarik untuk diteliti lebih jauh. Penelitian ini menggunakan Teori Resepsi dengan pendekatan kualitatif, yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu Posisi Hegemoni Dominan, Posisi Negosiasi, dan Posisi Oposisi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan lima informan yang tergabung dalam fanclub Army Nganjuk. Informan dipilih berdasarkan pengalaman informan yang sudah menonton video iklan GOJEK Btx It’s Okay to Be Lebay, rentan umur, pekerjaan, pendidikan, dan latar belakang sosial yang berbeda. Hasil penelitian ini ditemukan dua kategori yang sesuai dengan informan, yaitu kategori pada Posisi Hegemoni Dominan dan Posisi Negosiasi. Tidak ada informan yang dikategorikan pada Posisi Oposisi.
Kata kunci: GOJEK, Protokol Kesehatan, KPOP, Army Nganjuk.
This study aims to find out how Army Nganjuk’s reception of the message content in the GOJEK Btx It’s Okay to Be Lebay advertisement, which promotes their new sevice according to health protocols. As well as being aimed at KPOP fans, especially BTS or Army in traditional society and the lack of compliance with health protocols such as the Nganjuk Army, it is an interesting thing to study further. This study uses Reception Theory with a wualitative approach, which is divided into categories, namely the Dominant Hegemonic Position, the Negotiation Position, and the Opposition Position. Data were collected through in-depth interviews with five informants who are member of the Nganjuk Army fanclub. Informans were selected based on the experience of informants who had wtched the GOJEK Btx advertising video It’s Okay to Be Lebay, vulnerable to age, occupation, education, and different social backgrounds. The results of this study found two categories that matched the informants, namely the category of the Dominant Hegemonic Position, and the Negotiation Position. There are no informants categorized in the Opposition Position.
Keywords: GOJEK, Health Protocol, KPOP, Army Nganjuk.